PENGARUH MEDIA KOLAM CERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A PAUD SALLI SABARRANG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

MAULIDYANA (2022) PENGARUH MEDIA KOLAM CERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A PAUD SALLI SABARRANG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
01 PRAKATA FIX.docx

Download (127kB)
[img] Text
02 BAB I.docx

Download (34kB)
[img] Text
03 BAB II.docx

Download (68kB)
[img] Text
06 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (35kB)
[img] Text
07 LAMPIRAN.docx

Download (4MB)

Abstract

Maulidyana, 2015, Pengaruh Media Kolam Cerita Terhadap Kemampuan Berbicara pada Anak Usia Dini di Kelompok A PAUD Salli Sabarrang Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Azizah Amal, S. S, M. Pd dan Dr. H. Syamsul Bakhri Gaffar, M. Si Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Latar belakang masalah adanya kemampuan berbicara anak yang masih tergolong kurang tanda-tandanya adalah anak belum berani bicara di depan teman-temannya, ungkapan yang diucapkan masih terbata-bata, belum dapat mengucapkan kata-kata dengan lafal yang benar serta belum mampu menceritakan pengalamannya di depan teman-temannya. Rumusan Masalah ini adalah apakah penggunaan media kolam cerita memiliki pengaruh terhadap kemampuan berbicara pada anak usia dini di PAUD Salli Sabarrang Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperiment one group pre test-post test design. Dengan subjek penelitian adalah anak didik di kelompok A PAUD Salli Sabarrang yang berjumlah 15 orang anak didik. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak pada saat pre test berada pada kategori kurang dengan rata-rata nilai 15, mengalami perubahan pada saat post test dengan rata-rata nilai 25 yang berada pada kategori baik. Setelah hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai M = Mo yaitu 10,5 = 10,5 dan pada uji nilai Thitung < dtabel yaitu 3,41 < 27, maka Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kolam cerita memiliki pengaruh terhadap kemampuan berbicara pada anak usia dini di kelompok A PAUD Salli Sabarrang Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:29
Last Modified: 26 Dec 2022 03:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26305

Actions (login required)

View Item View Item