MENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN KARTU ANGKA BERGAMBAR PADA KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI II KABUPATEN SINJAI

HERMAYANTI (2022) MENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN KARTU ANGKA BERGAMBAR PADA KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI II KABUPATEN SINJAI.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (21kB)
[img] Text
2. HALAMAN JUDUL.docx

Download (28kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (18kB)
[img] Text
Motto.docx

Download (18kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (18kB)
[img] Text
prakata.docx

Download (20kB)
[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (30kB)
[img] Text
lampiran 1.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran 2.docx

Download (19kB)
[img] Text
Lampiran 3.docx

Download (24kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (32kB)

Abstract

HERMAYANTI, 2015. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Kartu Angka Bergambar Pada Kelompok A-1 Taman Kanak-kanak Pertiwi II Kabupaten Sinjai. Skripsi.Dibimbing Oleh Dra.Sri Sofiani M.pd dan Drs. H. Abd. Karim. H. Ahmad, M.si. Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Kartu Angka Bergambar Pada Kelompok A-1 Taman Kanak-Kanak Pertiwi II Kabupaten Sinjai. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui penggunaan kartu angka bergambar pada kelompok A-1 Taman Kanak-Kanak Pertiwi II Kabupaten Sinjai. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu peneliti berusaha mendeskripsikan hal-hal yang berhubungan dengan meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui penggunaan kartu angka bergambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research ). Adapun fokus penelitian ini adalah mengenal konsep bilangan dan kartu angka bergambar Subyek pada penelitian ini adalah Anak didik kelompok A-1 Taman Kanak-Kanak Pertiwi II Kabupaten Sinjai yang berjumlah 15 orang anak dan 1 orang guru. Adapun tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi dan Dokumentasi. Hasil pada penelitian ini adalah kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak dapat meningkat melalui penggunaan kartu angka bergambar karena proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru sesuai dengan langkah-langkah penggunaan kartu angka bergambar. Dapat dilihat pada siklus I pertemuan I dan II masih ada beberapa anak yang belum meningkat dalam hal penggunaan kartu angka bergambar, masih ada anak kurang meningkat pada siklus 1 karena masih ada anak yang kurang mengenal konsep bilangan dengan menggunakan kartu angka bergambar tersebut. Namun pada siklus II pertemuan I dan II kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan melalui penggunaan kartu angka bergambar sudah meningkat. Berdasarkan langkah-langkah yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan maka digunakan 2 indikator. Adapun indikator yang digunakan adalah 1) membilang banyaknya benda 1-10, 2) menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda sampai 10.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:00
Last Modified: 26 Dec 2022 03:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26301

Actions (login required)

View Item View Item