HERMAYANTI (2022) MENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN KARTU ANGKA BERGAMBAR PADA KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI II KABUPATEN SINJAI.
Text
1. SAMPUL.docx Download (21kB) |
|
Text
2. HALAMAN JUDUL.docx Download (28kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (18kB) |
|
Text
Motto.docx Download (18kB) |
|
Text
abstrak.docx Download (18kB) |
|
Text
prakata.docx Download (20kB) |
|
Text
Daftar Isi.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (18kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (30kB) |
|
Text
lampiran 1.docx Download (17kB) |
|
Text
Lampiran 2.docx Download (19kB) |
|
Text
Lampiran 3.docx Download (24kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (32kB) |
Abstract
HERMAYANTI, 2015. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Kartu Angka Bergambar Pada Kelompok A-1 Taman Kanak-kanak Pertiwi II Kabupaten Sinjai. Skripsi.Dibimbing Oleh Dra.Sri Sofiani M.pd dan Drs. H. Abd. Karim. H. Ahmad, M.si. Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Kartu Angka Bergambar Pada Kelompok A-1 Taman Kanak-Kanak Pertiwi II Kabupaten Sinjai. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui penggunaan kartu angka bergambar pada kelompok A-1 Taman Kanak-Kanak Pertiwi II Kabupaten Sinjai. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu peneliti berusaha mendeskripsikan hal-hal yang berhubungan dengan meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui penggunaan kartu angka bergambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research ). Adapun fokus penelitian ini adalah mengenal konsep bilangan dan kartu angka bergambar Subyek pada penelitian ini adalah Anak didik kelompok A-1 Taman Kanak-Kanak Pertiwi II Kabupaten Sinjai yang berjumlah 15 orang anak dan 1 orang guru. Adapun tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi dan Dokumentasi. Hasil pada penelitian ini adalah kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak dapat meningkat melalui penggunaan kartu angka bergambar karena proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru sesuai dengan langkah-langkah penggunaan kartu angka bergambar. Dapat dilihat pada siklus I pertemuan I dan II masih ada beberapa anak yang belum meningkat dalam hal penggunaan kartu angka bergambar, masih ada anak kurang meningkat pada siklus 1 karena masih ada anak yang kurang mengenal konsep bilangan dengan menggunakan kartu angka bergambar tersebut. Namun pada siklus II pertemuan I dan II kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan melalui penggunaan kartu angka bergambar sudah meningkat. Berdasarkan langkah-langkah yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan maka digunakan 2 indikator. Adapun indikator yang digunakan adalah 1) membilang banyaknya benda 1-10, 2) menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda sampai 10.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 26 Dec 2022 03:00 |
Last Modified: | 26 Dec 2022 03:00 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26301 |
Actions (login required)
View Item |