Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 77 Parepare

Zainal, Zaid and Mukhlisa, Nurul and AZIZAH, NUR (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 77 Parepare. Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology, 4 (2). pp. 99-103. ISSN 2658-1792

[img] Text (Artikel)
artikel Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give.pdf

Download (133kB)
[img] Text (Peer reviewer)
Peer Review Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://j-hest.web.id/index.php/2/article/view/3

Abstract

Abstract Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan proses dan hasil belajar matematika pada materi volume bangun ruang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give siswa kelas V UPTD SD Negeri 77 Parepare. Subjek Penelitian ini adalah guru dan siswa yang terdiri dari 14 orang. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diperoleh melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil observasi aktivitas guru yaitu 70,83% dengan kategori cukup, dan observasi aktivitas siswa 63,98% dengan kategori cukup. Pada siklus II menunjukkan peningkatan hasil observasi aktivitas guru menjadi 87,5% dengan kategori baik dan observasi aktivitas siswa 82,44 dengan kategori baik. Hasil penelitian terkait dengan hasil belajar, pada siklus I hanya 57,14% siswa yang tuntas dengan rata-rata 60,71. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87,71% siswa yang tuntas dengan rata-rata 78,55. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi volume bangun ruang di kelas V UPTD SD Negeri 77 Parepare.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Take and Give, Proses Belajar, Hasil Belajar
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 24 Dec 2022 11:36
Last Modified: 28 Feb 2023 06:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26299

Actions (login required)

View Item View Item