PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH I BALANGNIPA KECAMATAN SINJAI UTARA KABUPATEN SINJAI

Andi Hajrawati, (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH I BALANGNIPA KECAMATAN SINJAI UTARA KABUPATEN SINJAI.

[img] Text
sampul skripsi baru.docx

Download (37kB)
[img] Text
Halaman Depan Skripsi.docx

Download (81kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (13kB)
[img] Text
ISI HAJRAWATI.docx

Download (98kB)
[img] Text
Lampiran hajjra.docx

Download (36kB)
[img] Text
kisi-kisi hajra.docx

Download (29kB)
[img] Text
RKH A. Hajrawati.docx

Download (32kB)

Abstract

Andi Hajrawati, 2015. Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Penggunaan Media Gambar Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah I Balangnipa Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai, Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Herman,S.Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Penggunaan Media Gambar Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah I Balangnipa Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Tujuan penelitian untuk meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Penggunaan Media Gambar Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah I Balangnipa Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan anak didik Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah I Balangnipa Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai dengan jumlah 15 anak. Pelaksanaan tindakan terdiri dari dua siklus, tiap siklus dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan peningkatan kemampuan anak untuk mengenal bentuk dan warna melalui media gambar berada dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 59% karena proses pelaksanaan kegiatan kurang mampu dilaksanakan dengan baik oleh guru. Pada siklus II peningkatan kemampuan anak untuk mengenal bentuk dan warna melalui media gambar berada dalam kategori baik di mana anak sudah mampu mengenal bentuk dan warna dengan baik dengan nilai rata-rata 78%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan kemampuan kognitif anak melalui metode media gambar mengalami peningkatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:42
Last Modified: 23 Dec 2022 02:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26291

Actions (login required)

View Item View Item