PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN KARTU KATA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK SATU ATAP SDN NO. 14 MANGOPI KECAMATAN BULUPODDO KABUPATEN SINJAI

SUDARMI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN KARTU KATA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK SATU ATAP SDN NO. 14 MANGOPI KECAMATAN BULUPODDO KABUPATEN SINJAI.

[img] Text
A1 Judul.doc

Download (33kB)
[img] Text
A2 Halaman Depan Skripsi.doc

Download (124kB)
[img] Text
BAB I II III.doc

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (30kB)
[img] Text
Lampiran 1.doc

Download (56kB)
[img] Text
Lampiran 2.doc

Download (193kB)
[img] Text
Lampiran 3.doc

Download (88kB)

Abstract

SUDARMI. 2015. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Kartu Kata Bergambar kelompok A Di TK Satu Atap SDN No. 14 Mangopi, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si. dan Dr. Muhammah Akil Musi, S.Pd, M.Pd.. pada Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Kartu Kata Bergambar kelompok A Di TK Satu Atap SDN No. 14 Mangopi, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai? Tujuan untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Kartu Kata Bergambar kelompok A Di TK Satu Atap SDN No. 14 Mangopi, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitin ini adalah kemampuan membaca permulaan dan kartu kata bergambar. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok A Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN No. 14 Mangopi, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai yaitu 1 orang guru dan anak yang berjumlah 15 orang, yang terdiri atas 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penilitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media kartu kata bergambar maka dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak pada kelompok A di Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN No. 14 Mangopi, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai. Hal ini dapat dilihat pada siklus I pertemuan I pada indikator menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal mendapatkan penilaian baik 2 anak, cukup 5 anak, dan kurang 8 anak. Dan indikator mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya mendapatkan penilaian baik 3 anak, cukup 6 anak, dan kurang 6 anak. Kemudian pada siklus I pertemuan II pada indikator menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi.huruf awal yang sama mendapatkan penilaian bai 2 anak, cukup 6 anak, dan kurang 7 anak dan pada indikator memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf mendapatkan nilai baik 3 anak, cukup 6 anak, dan kurang 6 anak. Pada Siklus II pertemuan I yaitu indikator menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal mendapatkan penilaian baik 7 anak, cukup 6 anak, dan kurang 2 anak. Dan indikator mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya mendapatkan penilaian baik 7 anak, cukup 5 anak, dan kurang 3 anak. Pada Siklus I pertemuan II indikator menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi.huruf awal yang sama mendapatkan penilaian baik 8 anak, cukup 6 anak, dan kurang 1 anak dan pada indikator memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf mendapatkan nilai baik 7 anak, cukup 6 anak dan kurang 2 anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:30
Last Modified: 23 Dec 2022 02:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26290

Actions (login required)

View Item View Item