PENINGKATAN KECERDASAN SPASIAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN MAZE DI TAMAN KANAK-KANAK SATU ATAP SDN NO. 61 TADI DESA BARU KECAMATAN SINJAI TENGAH

ARNAH (2022) PENINGKATAN KECERDASAN SPASIAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN MAZE DI TAMAN KANAK-KANAK SATU ATAP SDN NO. 61 TADI DESA BARU KECAMATAN SINJAI TENGAH.

[img] Text
Halaman Depan Skripsi.....doc

Download (178kB)
[img] Text
bab 1,2,3,4,5.doc

Download (334kB)
[img] Text
kisi arnah....doc

Download (58kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI PENAMPILAN GURU DI DALAM KELAS.doc

Download (202kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.....doc

Download (233kB)
[img] Text
Riwayat Hidup arnah.docx

Download (39kB)

Abstract

ARNAH. 2015. Penerapan kegiatan bermain maze dalam meningkatkan kemampuan spasial anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN No. 61 Tadi Desa Baru Kecamatan Sinjai Tengah. Skripsi. Dibimbing oleh Arifin Manggau, S Pd, M.Pd. dan Azizah Amal S.S, M.Pd. pada Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan kegiatan bermain maze dalam meningkatkan kemampuan spasial anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN No. 61 Tadi Desa Baru Kecamatan Sinjai Tengah? Yang bertujuan untuk mengetahui Penerapan kegiatan bermain maze dalam meningkatkan kemampuan spasial anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN No. 61 Tadi Desa Baru Kecamatan Sinjai Tengah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Fokus penelitin ini adalah kemampuan spasial dan media maze. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN No. 61 Tadi Desa Baru Kecamatan Sinjai Tengah yaitu 1 orang guru dan anak yang berjumlah 16 orang, yang terdiri atas 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penilitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media maze maka dapat meningkatkan kecerdasan spasial anak pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN No. 61 Tadi Desa Baru Kecamatan Sinjai Tengah. Hal ini terlihat pada siklus I yang menandakan hasil observasi guru dalam mengajar belum meningkat dikarenakan masih kurang dalam menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, kurang dalam memberikan contoh melakukan kegiatan eksperimen, kemudian kurang mengamati percobaan yang dilakukan anak. Sedangkan hasil observasi anak tentang kecerdasan spasialnya belum meningkat, dikarenakan anak kurang lancar melakukan kegiatan bermain maze, anak tidak banyak menuangkan ide-idenya dalam melakukan kegiatan bermain maze, anak kurang mampu melakukan kegiatan bermain maze, dan kurang mampu menambahkan bagian-bagian terhadap percobaan yang dilakukan. Pada siklus II ini menandakan hasil observasi guru dalam mengajar sudah meningkat dikarenakan guru menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, guru memberikan contoh melakukan kegiatan. Sehingga hasil observasi anak tentang kecerdasan spasialnya yang dilakukan anak sudah menampakkan peningkatan, dikarenakan anak lancar dalam melakukan kegiatan bermain maze, anak banyak menuangkan ide-idenya dalam kegiatan yang dilakukan, anak mampu melakukan kegiatan bermain maze tanpa bantuan orang lain.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Dec 2022 01:02
Last Modified: 23 Dec 2022 01:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26287

Actions (login required)

View Item View Item