PERAN TUTOR KEJAR PAKET C DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR DI PKBM BATU TELLUE KECAMATAN SINJAI UTARA KABUPATEN SINJAI

ANDI SRY NURDIANAH. S (2022) PERAN TUTOR KEJAR PAKET C DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR DI PKBM BATU TELLUE KECAMATAN SINJAI UTARA KABUPATEN SINJAI.

[img] Text
PJE Andi SRY.pdf

Download (556kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Tutor Kejar Paket C Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar Di PKBM Batu Tellue Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek Penelitian ini adalah Tutor Paket C, Warga Belajar Paket C dan Ketua PKBM Batu Tellue Kabupaten Sinjai. Pengumpulan data dilakukan dengan Metode Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelakan keabsahan data dengan menggunakan berbagai sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tutor di PKBM Batu Tellue Kabupaten Sinjai Menjalankan Peranya yakni sebagai informator, motivator, fasilitator, mediator, dan evaluator. Peneliti dapat menyimpulkan Berdasarkan hasil penelitian maka akan disimpulkan bahwa peran Tutor Kejar Paket C dalam meningkatkan hasil belajar Warga Belajar di PKBM Batu Tellue Kabupaten Sinjai adalah sebagai informator, Motivator, Fasilitator, Mediator dan Evaluator. Pengelola PKBM Batu Tellue Kabupaten Sinjai memprioritaskan Warga Belajar meningkatkan kegairahan dan dorongan dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga meningkatkan hasil belajar warga belajar. Kata Kunci : Tutor, Hasil Belajar , Paket C, PKBM Batu Tellue

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:28
Last Modified: 22 Dec 2022 03:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26273

Actions (login required)

View Item View Item