PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIDKAN KESETARAAN PAKET C MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT AMMANAGAPPA KECAMATAN TOWUTI KABUPATEN LUWU TIMUR

INDAYANI (2022) PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIDKAN KESETARAAN PAKET C MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT AMMANAGAPPA KECAMATAN TOWUTI KABUPATEN LUWU TIMUR.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (477kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Program Pendidikan Kesetaraan Paket C menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang menjelaskan 1). Keadaan konteks program pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM Ammanagappa 2). Keadaan masukan program pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM Ammanagappa 3). Pelaksanaan proses program pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM Ammanagappa 4). Hasil dan lulusan program pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM Ammanagappa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah ketua PKBM Ammanagappa, tutor dan warga belajar paket C, sedangkan objek dari penelitian ini adalah program kesetaraan Paket C. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk mejelaskan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program kesetaraan paket C menggunakan model CIPP. Context yang meliputi perencanaan program dan analisis kebutuhan program pendidikan kesetaraan Paket C, Input yang meliputi peserta, tutor, sarana dan prasarana dan dana, Process yang meliputi jadwal kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran, dan product yang meliputi hasil dan lulusan paket C PKBM Ammanagappa. Kata Kunci : Program Kesetaraan Paket C, Model CIPP, PKBM Ammanagappa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:07
Last Modified: 22 Dec 2022 03:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26270

Actions (login required)

View Item View Item