MOHAMMAD CANDRA FEBRIANTO ABBAS (2022) PERAN PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURUDI TK AR-RAHIM KELURAHAN PACCINONGAN KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.
Text
JURNAL MOHAMMAD CANDRA FEBRIANTO ABBAS 1842041033 (3).pdf Download (198kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru di TK Ar-Rahim Kelurahan Paccinongan Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subyek penelitian ini adalah Pengawas TK wilayah II dari Kecamatan Somba Opu, Kepala TK, dan empat Guru di TK Ar-Rahim Kelurahan Paccinongan Kecamatan Somba Opu Kabupeten Gowa. Pengupulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan berbagai sumber dan metode. Hasil Penelitian menunjukkan pengawas TK sangat berperan penting dalam meningkatkan kinerja guru TK, dengan perannya melalui tugas dan fungsi pengawas yaitu sebagai pemantauan, pembimbing dan evaluator. Sebagai memantau kinerja guru yaitu kedisiplinan guru, karakter guru, bagaimana guru dalam hal proses penguasaan kelas, dan bagaimana guru memberikan motivasi kepada anak. Sebagai pembimbing dengan melakukan supervisi dan bimbingan melalui kegiatan seminar atau workshop yang dilakukan oleh K3TK. Sebagai evaluator atau penilai kinerja guru melalui pemantauan dan dokumentasi laporan seperti administrasi yang sesuai dengan indikator penilaian kinerja guru. Kata Kunci: Peran, Pengawas, Kinerja Guru
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 02:54 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 02:54 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26268 |
Actions (login required)
View Item |