PERANAN TENTOR DALAM MENANGANI PESERTA KURSUS UTBK SBMPTN DI LEMBAGA JAKARTA INTENSIVE LEARNING CENTRE (JILC) CABANG PERINTIS KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR

STEFANI ANGOVISEL PUTRI NIDA (2022) PERANAN TENTOR DALAM MENANGANI PESERTA KURSUS UTBK SBMPTN DI LEMBAGA JAKARTA INTENSIVE LEARNING CENTRE (JILC) CABANG PERINTIS KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Stefani Jurnal JAPPA.pdf

Download (370kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Tentor dalam Menangani Peserta Kursus UTBK SBMPTN di lembaga Jakarta Intensive Learning Centre cabang Perintis Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah Tentor JILC Perintis dan Peserta Kursus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan dalam menjelaskan keabsahan data adalah triangulasi sumber melalui pemerikasaan dengan membandingkan data daripada informasi yang diperoleh berdasarkan waktu dan alat yang berbeda pada metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tentor JILC cabang Perintis Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar menjalankan perannaya yakni sebagai pengajar, motivator, informator, organisator, fasilitator, mediator dan evaluator. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa peranan tentor di JILC Perintis Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar lebih spesifik terhadap 7 hal yaitu peranan tentor sebagai pengajar, peranan tentor sebagai motivator, peranan tentor sebagai informator, peranan tentor sebagai organisator, peranan tentor sebagai fasilitator, peranan tentor sebagai mediator dan peranan tentor sebagai evaluator karena tentor di 2 JILC Perintis sangat memprioritaskan peserta kursus dalam belajar kursus UTBK SBMPTN demi melanjutkan studi dan meraih cita- cita dengan metode pengajaran yang menyenangkan, layanan konsultasi pemilihan jurusan pada peserta yang berkualitas, fasilitas pembelajaran serta evaluasi pemebelajaran peserta mengenai agenda kegiatan JILC yang berkaitan dengan materi UTBK SBMPTN. Kata Kunci: Peranan, Tentor, Peserta, UTBK SBMPTN, Kursus, JILC

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Dec 2022 02:39
Last Modified: 22 Dec 2022 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26267

Actions (login required)

View Item View Item