PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAJARAN DI SMA NEGERI 3 LUWU TIMUR

WAFIQ AZIZAH (2022) PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAJARAN DI SMA NEGERI 3 LUWU TIMUR.

[img] Text
JURNAL WAFIQ AZIZAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Pelaksanaan Supervisi Pengajaran di SMA Negeri 3 Luwu Timur. Tujuan peneliti untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan supervisi pengajaran di sekolah 4 kata Judul Artikel (Penulis) | 2 tersebut. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Luwu Timur Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, redaksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pelaksanaan supervisi pengajaran menggunakan perencanaan supervisi pengajaran dilakukan dengan mengadakan rapat kepala sekolah bersama tim beserta para guru untuk mentapkan aspek yang dinilai dengan membuat jadwal pelaksanaan supervisi pengajaran, menggunakan pendekatan direktif,kolaboratif dan non-direktif, menggunakan teknik individu atau kunjungan kelas, adapun evaluasi pembelajaran yang dilakukan pada saat pelaksanaan supervisi pengajaran yaitu melihat kehadiran guru pada saat mengajar kepada siswa serta foto pada saat pembelajaran sebagai bukti bahwa guru melakukan proses pembelajaran. 2) kendala – kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi pengajaran di SMA Negeri 3 Luwu Timur yaitu, kurangnya kesiapan guru mengenai administrasi yang berkaitan dengan perangkat pembelajaran, rasa sungkan atau tidak enak hati terhadap sesama guru dan kurangnya fasilitas yang mendukung dalam pelaksanaan supervis pengajaran seperti media pembelajaran yang berkaitan dengan infokus. Berdasarkan hasil yang di peroleh dalam penelitian ini, kepala sekolah dan tim supervisi yang ada di SMA Negeri 3 Luwu Timur harus betul-betul menjalankan program supervi ini dengan sebaik-baiknya dan secara professional untuk membantu dan membina guru – guru untuk memperbaiki proses belajar mengajar yang baik di kelas. Guru harus mempersiapkan dirinya dan semua kelengkapan administrasinya mengenai perangkat pembelajaran pada saat pelaksanaan supervisi pengajaran. Kata Kunci: Pelaksanaan Supervisi Pengajaran

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Dec 2022 02:24
Last Modified: 22 Dec 2022 02:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26265

Actions (login required)

View Item View Item