FUNGSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN AKADEMIK DI SD INPRES DAYA MAKASSAR

AISFEBRIANTY (2022) FUNGSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN AKADEMIK DI SD INPRES DAYA MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Aisfebrianty.pdf

Download (350kB)

Abstract

sekolah dalam meningkatkan kualitas layanan akademik yang meliputi perencanaan sekolah, mengelola standar nasional Pendidikan, pengawasan dan evaluasi sampai pada kepemimpinan serta informasi manajemen di SD Inpres Daya Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana fungsi manajerial kepala sekolah mulai dari perencanaan sekolah agar dapat meningkatkan kualitas sekolah terutama pada layanan akademik, program tahunan, dibuat berdasarkan visi dan misi sekolah untuk menciptakan generasi unggul dalam bertaqwa mulia, berprestasi dan dilandasi dengan nilai-nilai budaya sesuai dengan ajaran agama, mengelola standar nasional Pendidikan, telah mengembangkan bahan ajar, melakukan pembelajaran kreatif, inovatif, pengembangan minat bakat, dan mengadakan pelatihan IT, pengawasan dan evaluasi memantau, memberikan solusi secara langsung serta mengadakan supervise, melaksanakan kepemimpinan sekolah membangun komunikasi yang baik terhadap bawahannya serta melibatkan dalam pengambilan keputusan dan system informasi manajemen agar tercapainya proses belajar mengajar serta tujuan Pendidikan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi agar dapat menunjang system informasi sekolah.. Pendekatan Penelitian penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan sekolah, terutama pada layanan akademik membuat program tahunan yang dibuat berdasarkan visi dan misi sekolah untuk menciptakan generasi unggul dalam bertaqwa mulia, berprestasi dan dilandasi dengan nilai-nilai budaya sesuai dengan ajaran agama, 2) Mengelola standar nasional Pendidikan, telah mengembangkan bahan ajar, melakukan pembelajaran kreatif, inovatif, pengembangan minat bakat, dan mengadakan pelatihan IT, 3) Pengawasan dan Evaluasi, memantau, memberikan solusi secara langsung serta mengadakan supervisi, 4) Melaksanakan kepemimpinan sekolah membangun komunikasi yang baik terhadap bawahannya serta melibatkan dalam pengambilan keputusan dan 5) Sistem informasi manajemen agar tercapainya proses belajar mengajar serta tujuan Pendidikan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi agar dapat menunjang system informasi sekolag, sehingga fungsi manajerial kepala sekolah telah direalisasikan sesuai dengan RKAS di sekolah tersebut hanya saja masih perlu untuk ditingkatkan. Kata Kunci: perencanaan sekolah, mengelola standar nasional Pendidikan, pengawasan dan evaluasi, system informasi manajemen.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Dec 2022 02:12
Last Modified: 22 Dec 2022 02:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26263

Actions (login required)

View Item View Item