PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK DIGITAL CERITA RAKYAT PUTRI TANDAMPALIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VSDS PABRIK GULA TAKALAR

DIAH TRIAMPERANI NG (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK DIGITAL CERITA RAKYAT PUTRI TANDAMPALIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VSDS PABRIK GULA TAKALAR.

[img] Text
JURNAL PENELITIAN.pdf

Download (539kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan dan kevalidan serta kepraktisan bahan ajar komik digital Cerita Rakyat Putri Tandampalik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDS Pabrik Gula Takalar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan Borg & Gall dengan modifikasi Sugioyono yakni 8 tahapan penelitian. Langkah penelitian pengembangan ini meliputi pengumpulan data, perancangan desain produk, dan uji coba produk. Produk yang dikembangkan adalah bahan ajar berbentuk komik digital dengan pokok bahasan materi cerita rakyat tentang Putri Tandampalik dari daerah Sulawesi Selatan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di SDS Pabrik Gula Takalar. Kelebihan bahan ajar berbentuk komik digital yaitu berbasis audiovisual dan dapat digunakan dalam pembelajaran luring maupun daring oleh guru dan meningkatkan antusias belajar siswa karena penyajian materinya tak lagi bersifat teks namun didominasi dengan visualisasi yang dilengkapi dengan audio pendukung serta penggunaanya dapat digunakan dimana saja dan kapan pun, sehingga siswa dapat belajar secara mandiri. Hasil validasi oleh ahli bahan ajar pembelajaran dan ahli isi/materi menunjukkan bahwa bahan ajar komik digital berada pada kategori sangat baik yang artinya bahan ajar yang dikembangkan valid. Kata Kunci : Bahan Ajar, Komik Digital, Cerita Rakyat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Dec 2022 01:47
Last Modified: 22 Dec 2022 01:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26259

Actions (login required)

View Item View Item