IMPLEMENTASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS WEB PADA SATUAN PENDIDIKAN NON FORMAL SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SPNF SKB) MAMASA

INKRISMAYORAGUNG MALLITA (2022) IMPLEMENTASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS WEB PADA SATUAN PENDIDIKAN NON FORMAL SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SPNF SKB) MAMASA.

[img] Text
Jurnal Inkrismayoragung Mallita.doc

Download (214kB)

Abstract

Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran implementasi pemanfaatan teknologi informasi berbasis Web pada SPNF SKB Mamasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis Web Pada SPNF SKB Mamasa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan SPNF SKB Mamasa Kecamatan Tawalian Kabupaten Mamasa. Penelitian ini menganalisis tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis Web yaitu dalam pembelajaran daring pada SPNF SKB Mamasa. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala SPNF SKB, guru (tutor), serta warga belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menyajikan data hasil penelitian. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pembelajaran daring melalui web SeTARA daring sudah terlaksana cukup baik, peserta didik dan guru telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal itu menggambarkan kesiapan pelaksanaan pembelajaran daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru menggunakan media pembelajaran, strategi, metode dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan peserta didik. Pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong guru untuk lebih kreatif dalam mengajar selain itu siswa dituntut untuk lebih mandiri sehingga bisa lebih cerdas menggunakan teknologi dan termotivasi untuk lebih aktif belajar. Namun, pembelajaran daring memiliki kendala dalam pelaksanaannya kondisi jaringan yang kurang stabil dan kesulitan peserta didik memahami materi pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Dec 2022 01:42
Last Modified: 22 Dec 2022 01:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26258

Actions (login required)

View Item View Item