PENGARUH PELATIHAN MEDIA PRESENTASI TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIAPEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG

FATHUR RAHMAN (2022) PENGARUH PELATIHAN MEDIA PRESENTASI TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIAPEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
JURNAL FATHUR RAHMAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kompetensi awal guru dalam mengembangkan media presentasi, mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan media presentasi, dan mengetahui apakah terdapat pengaruh pelatihan media presentasi terhadap peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan media pembelajaran di SMPN 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang menggunakan jenis quasi eksperiment dengan metode hanya menggunakan satu kelompok perlakuan. Sampel dari penelitian ini yaitu guru SMP yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, angket dan tes, serta dokumentasi pendukung dalam penelitian ini. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t�test. Berdasarkan hasil analisis data dan uji t-test maka diperoleh nilai rata-rata kompetensi guru dalam mengembangkan media pembelajaran di SMPN 1 Marioriwawo setelah pelaksanaan pelatihan media presentasi lebih tinggi dibanding sebelum pelaksanaan pelatihan media presentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pelatihan media presentasi terdapat pengaruh yang positif terhadap peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan media pembelajaran di SMPN 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Kata Kunci: Pelatihan, Guru, Media Pembelajaran, Kompetensi GuruTujuan penelitian ini mendeskripsikan kompetensi awal

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Dec 2022 01:22
Last Modified: 22 Dec 2022 01:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26256

Actions (login required)

View Item View Item