PENERAPAN BERMAIN PERAN DALAM PENINGKATAN PERILAKU EMOSIONAL ANAK DIDIK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH CAMBAYA DESA JULUKANAYA KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA

SYAMSIAH (2022) PENERAPAN BERMAIN PERAN DALAM PENINGKATAN PERILAKU EMOSIONAL ANAK DIDIK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH CAMBAYA DESA JULUKANAYA KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
01. SAMPUL USULAN PENELITIAN.docx

Download (47kB)
[img] Text
02.PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (23kB)
[img] Text
03. ISI.docx

Download (130kB)
[img] Text
04. RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (33kB)
[img] Text
05. DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (3MB)

Abstract

Syamsiah.2014. penerapan bermain peran dalam peningkatan perilaku emosional anak didik di taman kanak-kanak Aisyiyah Cambaya Desa Julukanaya Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani. M.Pd dan Syamsuardi. S.Pd., M.Pd. Program studi pendidikan guru pendidikan ana usia dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan perilaku emosional anak melalui kegiatan bermain peran di taman kanak-kanak Aisyiyah Cambaya Desa Julukanaya Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa ?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan perilaku emosional anak melalui bermain peran di taman kanak-kanak Aisyiyah Cambaya Desa Julukanaya Kecamatan pallangga Kabupaten Gowa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan unit analisis adalah anak didik kelompok B di taman kanak-kanak Aisyiyah Cambaya Desa julukanaya Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa sebanyak 15 anak dan 1 orang guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dipergunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kegiatan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan prilaku emosional anak di taman kanak-kanak Aisyiyah Cambaya Kabupaten Gowa. Adapun yang meningkat adalah didalam bermain peran anak dapat mengendalikan diri, sabar menunggu giliran dan berani tampil didepan kelas. Pada siklus I masih banyak anak yang belum mampu melaksanakan kegiatan sesuai indikator dengan baik, disebabkan karena didalam bermain peran guru masih kurang dalam memberikan materi atau cara bermain peran, dan pada siklus II hampir semua anak mampu melaksanakan kegiatan sesuai indikator dengan baik disebabkan karena guru sudah baik dalam memberikan materi atau cara bermain peran. Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan bermain peran dalam peningkatan perilaku emosional anak didik ditaman kanak-kanak Aisyiyah Cambaya Desa Julukanaya Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa dapat meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:57
Last Modified: 21 Dec 2022 03:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26240

Actions (login required)

View Item View Item