PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK DI TAMAN KANAK-KANAK PERMATA BUNDA PANYURAK DESA LUNJEN KECAMATAN BUNTU BATU KABUPATEN ENREKANG

HARMINA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK DI TAMAN KANAK-KANAK PERMATA BUNDA PANYURAK DESA LUNJEN KECAMATAN BUNTU BATU KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
Bagian Awal.docx

Download (71kB)
[img] Text
LAPORAN HASIL 2.docx

Download (3MB)
[img] Text
Lampiran 1 gambar.docx

Download (3MB)
[img] Text
Lampiran 4.docx

Download (30kB)

Abstract

HARMINA, 2014, Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan melalui Kegiatan Bermain Balok di TK Permata Bunda Panyurak Desa Lunjen Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang. Skripsi. Dibimbing Oleh Dra.Hj.Bulkis Said, M.Si dan Herman, S.Pd. M.Pd.; Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah tentang Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan melalui Kegiatan Bermain Balok di TK Permata Bunda Panyurak Desa Lunjen Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang. Rumusan masalah yang dikaji yaitu Bagaimanakah Peningkatan Kemampuan mengenal konsep bilangan Melalui Kegiatan Bermain Balok. Tujuan Penelitian untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan mengenal konsep bilangan melalui Kegiatan Bermain Balok. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dan setting penelitian dilakukan pada semester genap, tahun ajaran 2014/2015, dengan subyek penelitian anak kelompok A dengan jumlah 10 anak dan 1 orang guru. Fokus penelitian yaitu kemampuan mengenal konsep bilangan dan Kegiatan bermain balok. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data diolah dengan deskriptif kualitatif yang disajikan dalam tabel pencapaian pada siklus I dan II melalui kategori sangat baik, cukup baik dan kurang baik. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan pada kategori baik dialami oleh 5 anak, cukup 4 anak dan kategori yang dianggap masih kurang 2 orang anak, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 8 anak yang ada pada kategori baik dan 2 anak ada pada kategori cukup. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan yang terdiri dari indikator membilang banyak benda dari 1 sampai 10 dan membilang/ menyebut urutan bilangan 1 sampai 10 sudah meningkat dengan baik, hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang dilakukan guru melalui kegiatan bermain balok pada siklus II telah dilakukan pembenahan pada kekurangan yang terjadi pada siklus I yaitu memperkenalkan jenis-jenis balok berdasarkan ukuran, bentuk dan warna yang memampukan anak untuk mengenal konsep bilangan dan membimbing anak melakukan kegiatan bermain balok dengan memberikan mereka kebebasan dalam berimajinasi membuat berbagai bentuk bangunan serta pengorganisasian anak dalam kelompok.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Dec 2022 02:52
Last Modified: 21 Dec 2022 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26229

Actions (login required)

View Item View Item