PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PUSAT PAUD KAREBITTE BONTOSUNGGU KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA

Hasmiati (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PUSAT PAUD KAREBITTE BONTOSUNGGU KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA.

[img] Text
1. SAMPUL, PENGESAHAN, DAN KEASLIAN.docx

Download (36kB)
[img] Text
3.MOTTO.docx

Download (15kB)
[img] Text
2.ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
4.PRAKATA DAN DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
5.ISI SKRIPSI.docx

Download (97kB)
[img] Text
6.LAMPIRAN.docx

Download (14kB)
[img] Text
7.KISI-KISI INSTRUMEN (1).docx

Download (16kB)
[img] Text
8.RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (34kB)
[img] Text
9.HASIL OBSERVASI.docx

Download (38kB)
[img] Text
11.DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (2MB)
[img] Text
12.RIWAYAT HIDUP HASMIATI.docx

Download (37kB)

Abstract

Hasmiati, 2014. Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Bercerita Pada Anak di Taman Kanak-kanak Pusat PAUD Karebitte Bontosunggu Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Skripsi ini dibimbing oleh Dra.Hj.Sumartini, M.Pd dan Muh. Akil Musi,S.Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-kanak Pusat PAUD Karebitte Bontosunggu. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis pendekatan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 4 (empat) komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah kemampuan bahasa ekspresif anak dan metode bercerita. Penelitian ini dilaksanakan atas 2 siklus, siklus I dilaksanakan 2 pertemuan, siklus II dilaksanakan 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru kelompok A2 serta anak kelompok A2 yang terdiri atas 10 anak didik dan 1 orang guru. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah bahwa melalui penerapan metode bercerita dapat meningkatkan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-kanak Pusat PAUD Karebitte Bontosunggu Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Hal ini terlihat dari peningkatan bahasa ekspresif anak pada siklus I tidak semua anak dapat melaksanakan semua jenis kegiatan. Kegiatan-kegiatan tersebut berada pada kategori kurang karena guru belum dapat melibatkan anak pada kegiatan bercerita dengan maksimal, kegiatan tersebut adalah dapat menjawab pertanyaan apa, siapa, mengapa, dimana, dan sebagainya dan menceritakan kembali isi cerita sederhana yang sudah diceritakan oleh guru. Pada siklus II berada pada kategori baik dan cukup karena guru telah dapat melibatkan anak pada kegiatan bercerita dengan maksimal, kegiatan-kegiatan tersebut adalah anak dapat menjawab pertanyaan apa, siapa, mengapa, dimana, dan sebagainya dan anak mampu menceritakan kembali isi cerita sederhana yang sudah diceritakan oleh guru. Sebagai kesimpulan, metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-kanak Pusat PAUD Karebitte Bontosunggu Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa, karena itu metode bercerita direkomendasikan untuk dijadikan alternative tindakan dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif di Taman Kanak-kanak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Dec 2022 02:27
Last Modified: 21 Dec 2022 02:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26225

Actions (login required)

View Item View Item