PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK KELOMPOK B RA. ARRAHMA DARUD DA’WAH WAL IRSYAD TEPPO KABUPATEN PINRANG

R A S N I (2022) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK KELOMPOK B RA. ARRAHMA DARUD DA’WAH WAL IRSYAD TEPPO KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
sampul.docx

Download (91kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.doc

Download (193kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (85kB)
[img] Text
Kisi Instrumen.docx

Download (52kB)
[img] Text
RKH.docx

Download (32kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIA2.docx

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDU1.docx

Download (47kB)

Abstract

R A S N I, 2014. Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Kelompok B RA. Arrahma Darud Da’wah Wal Irsyad Teppo Kabupaten Pinrang. Skripsi dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Muhammad Yusri Bachtiar, S.Pd, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode bermain peran dalam mengembangkan kemampuan bahasa ekspresif anak Kelompok B RA. Arrahma Darud Da’wah Wal Irsyad Teppo Kabupaten Pinrang ?, Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan bermain peran dalam peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak di RA. Arrahma Darud Da’wah Wal Irsyad Teppo Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode bermain peran dan kemampuan bahasa ekspresif anak. Lokasi penelitian ini di RA. Arrahma Darud Da’wah Wal Irsyad Teppo Kabupaten Pinrang. Subjek penelitian ini adalah kelompok B sebanyak 14 orang dan 1 orang guru. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode bermain peran kemampuan bahasa ekspresif anak RA. Arrahma Darud Da’wah Wal Irsyad Teppo Kabupaten Pinrang dapat dikembangkan dengan melihat hasil penelitian di mana pada siklus I masih terdapat kekurangan dan siklus II kekurangan pada siklus I sudah diperbaiki dan hasilnya kemampuan bahasa ekspresif anak mengalami perkembangan. Hal tersebut ditandai dengan kemampuan anak dalam hal mencreritakan pengalaman/kejadian secara sederhana dan menjawab pertanyaan tentang keterangan/informasi secara sederhana. Hal ini mengindikasikan bahwa melalui kegiatan bermain peran kemampuan bahasa ekspresif anak di RA. Arrahma Darud Da’wah Wal Irsyad Teppo Kabupaten Pinrang dapat ditingkatkan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Dec 2022 02:09
Last Modified: 21 Dec 2022 02:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26222

Actions (login required)

View Item View Item