Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pada Pokok Bahasan Statistika Dikaitkan Dengan Intelligence Quotient (IQ)

Hisyam, Ihsan and Rusli, Rusli and Selvi, Rahmatia (2021) Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pada Pokok Bahasan Statistika Dikaitkan Dengan Intelligence Quotient (IQ). Issues in Mathematics Education, 5 (1).

[img] Text
Vol 5, No 1 (2021) Ihsan.pdf

Download (279kB)
[img] Text
#19912 Review.pdf

Download (720kB)
[img] Text
Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pada Pokok Bahasan Statistika Dikaitkan Dengan Intelligence Quotient (IQ).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Peer Review Hasil Belajar IQ IMED.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar matematika dan tingkat kecerdasan siswa. Pengambilan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP di Makassar. Pengambilan subjek dilakukan dengan memberikan tes kepada siswa kelas VIII 5 yang kemudian dari hasil tersebut dipilih 3 subjek penelitian berdasarkan kategori yang ada. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dengan pokok bahasan statistika yang memuat 5 butir soal dan tes IQ yang memuat 38 soal. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pada siswa kelas VIII 5 terdapat pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dan kecerdasan intelegensi siswa sehingga memperoleh hasil yang beragam. Terdapat juga satu siswa yang IQnya tinggi tapi hasil belajarnya rendah. Dengan mewawancarai subjek yang IQnya tinggi tapi hasil belajarnya rendah, peneliti mendapatkan fakta bahwa terdapat dua faktor yang menyebabkan peserta didik mempunyai kecerdasan intelegensi tinggi memperoleh hasil belajar matematika rendah yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang timbul dari dalam perserta didik, baik dari psikologis, kesehatan maupun mental. Sedangkan faktor eksternal dari keluarga ditemukan pada peserta didik yang merasa bebas dari orang tua sehingga terlena dengan kebebasan yang diberikan. Selain itu orang tua yang kurang tegas dalam pendidikan peserta didik, sehingga peserta didik kurang bersemangat dalam belajar.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Ansari Saleh Ahmar
Date Deposited: 20 Dec 2022 03:51
Last Modified: 20 Dec 2022 03:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26200

Actions (login required)

View Item View Item