Evaluasi Program Supervisi Manajerial Pengawas SMA di Kabupaten Barru. (Dibimbing oleh M. Sidin Ali dan Rusyadi)

HASBULLAH, HASBULLAH (2014) Evaluasi Program Supervisi Manajerial Pengawas SMA di Kabupaten Barru. (Dibimbing oleh M. Sidin Ali dan Rusyadi). S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
HASBULLAH. 2014..docx

Download (15kB)

ABSTRAK HASBULLAH. Evaluasi Program Supervisi Manajerial Pengawas SMA di Kabupaten Barru. (Dibimbing oleh M. Sidin Ali dan Rusyadi)Evaluasi program dengan model CIPPO ini bertujuan untuk mengetahui; (i) gambaran program supervisi manajerial pengawas SMA di Kabupaten Barru ditinjau dari segi konteks (context); (ii) gambaran program supervisi manajerial pengawas SMA di Kabupaten Barru ditinjau dari segi masukan (input); (iii) gambaran program supervisi manajerial pengawas SMA di Kabupaten Barru ditinjau dari segi proses (process); (iv) gambaran program supervisi manajerial pengawas SMA di Kabupaten Barru ditinjau dari segi hasil (product); (v) gambaran program supervisi manajerial pengawas SMA di Kabupaten Barru ditinjau dari segi dampak (Outcomes). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, studi dokumen, dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Untuk memberikan gambaran program supervisi manajerial digunakan tabulasi data pada tiap aspek, sehingga diperoleh persentase gambaran program yang disesuaikan dengan kriteria setiap aspek serta dimensi evaluasi untuk menghasilkan rekomendasi terhadap program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran program supervisi manajerial pengawas SMA di Kabupaten Barru ditinjau dari dimensi konteks (context) terdiri dari tujuan program, sasaran program sudah sangat sesuai dengan visi misi dan kebutuhan sekolah binaan serta tercapai dengan baik, manfaat program dan dukungan pihak terkait sangat bermanfaat dan sangat baik. Dimensi masukan (input) yang terdiri dari sistem seleksi, latar belakang pendidikan sudah sesuai dengan permendiknas No. 12 tahun 2007, motivasi pengawas, kompetensi supervisi manajerial dan kemampuan evaluasi sudah tinggi, bahan/materi program sudah sangat baik dan lengkap. Dimensi proses (process) terdiri dari pemantauan, partisipasi aktif subjek supervisi, pembinaan dan pelaporan sudah dilaksanakan dengan baik. Dimensi hasil (product) terdiri dari peningkatan kemampuan, penguasaan materi sudah tinggi dan kepribadian subjek supervisi sudah sangat baik. Dimensi dampak (outcomes) terdiri dari prestasi non akademik yakni pandangan masyarakat terhadap sekolah binaan sangat baik. Rekomendasi penelitian ini adalah program supervsi manajerial pengawas SMA di Kabupaten Barru dapat digunakan namun perlu pengembangan program termasuk pengembangan instrumen supervisi manajerial pengawas dan senantiasa menjaga hubungan yang harmonis antara pengawas dan stakeholders pendidikan demi keberhasilan program.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_civ ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 07:44
Last Modified: 25 Apr 2016 07:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item