Lu’lu Yu’tikan, Nabilah and Ruslan, Ruslan and Rusli, Rusli (2019) Pengembangan Instrumen Diagnostik Three Tier Test pada Materi Pecahan Kelas VII. Issues in Mathematics Education, 3 (2).
Text
Vol 3, No 2 (2019) Nabilah.pdf Download (529kB) |
|
Text
#12421 Review.pdf Download (719kB) |
|
Text
Pengembangan Instrumen Diagnostik Three Tier Test pada Materi Pecahan Kelas VII.pdf Download (2MB) |
|
Text
Peer Review Three Tier Test IMED.pdf Download (962kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen diagnostik three tier test untuk materi pecahan kelas VII yang layak dan valid, mengetahui kelayakan instrumen tersebut berdasarkan validitas, reliabilitas, dan taraf kesukaran, serta mengungkap miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik kelas VII pada materi bilangan pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian dari uji coba tes esai, tes pilihan ganda beralasan terbuka, hingga penerapan instrumen three tier test akan diuji pada peserta didik kelas VII. Prosedur penelitian dimulai dengan studi pendahuluan, perancangan draft produk, hingga pengembangan produk dilanjutkan dengan analisis three tier test dari segi validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran lalu analisis dan interpretasi miskonsepsi dari hasil three tier test. Hasil penelitian diperoleh (1) instrumen diagnostik three tier test yang digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi bilangan pecahan dikembangkan melalui tahapan studi pendahuluan, perancangan tes essay, perancangan tes pilihan ganda, hingga three tier test; (2) three tier test yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, reliabel, dan dengan taraf kesukaran 6,7% mudah, 26,7% sedang, dan 66,6% sukar; (3) peserta didik mengalami miskonsepsi pada indikator menjelaskan definisi pecahan, membandingkan dan mengurutkan bilangan pecahan, dan menghitung operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan pecahan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Ansari Saleh Ahmar |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 03:43 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 03:43 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26198 |
Actions (login required)
View Item |