Pengaruh Efikasi Diri, Kecerdasan Emosional, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Kelas XI IPA

Aswin, Aswin and Djadir, Djadir and Rusli, Rusli (2019) Pengaruh Efikasi Diri, Kecerdasan Emosional, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Kelas XI IPA. Issues in Mathematics Education, 3 (2).

[img] Text
Vol 3, No 2 (2019) Aswin.pdf

Download (347kB)
[img] Text
#11053 Review.pdf

Download (720kB)
[img] Text
Pengaruh Efikasi Diri, Kecerdasan Emosional, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Kelas XI IPA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Peer Review Efikasi Diri IMED.pdf

Download (969kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, kecerdasan emosional, dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA di Makassar. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas dengan sampel penelitian sebanyak 132 siswa dari kelas XI IPA SMA di Makassar yang dipilih dengan menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) angket efikasi diri, (2) angket kecerdasan emosional, (3) angket motivasi belajar, dan (4) tes prestasi belajar matematika. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efikasi diri siswa berada pada kategori tinggi, (2) kecerdasan emosional siswa berada pada kategori tinggi, (3) motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi, (4) prestasi belajar matematika siswa berada pada kategori sedang, (5) efikasi diri berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa, (6) kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa, (7) ) motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa, (8) efikasi diri berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika siswa melalui variabel motivasi belajar, (9) kecerdasan emosional berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika siswa melalui variabel motivasi belajar.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Ansari Saleh Ahmar
Date Deposited: 20 Dec 2022 03:39
Last Modified: 20 Dec 2022 03:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26197

Actions (login required)

View Item View Item