Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika

Nurfahmi, Nur and Rusli, Rusli and Dassa, Awi (2018) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Issues in Mathematics Education, 2 (1).

[img] Text
Vol 2, No 1 (2018) Nur.pdf

Download (160kB)
[img] Text
#9480 Review.pdf

Download (720kB)
[img] Text
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Peer Review Kesalahan Soal Cerita IMED.pdf

Download (983kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi barisan dan deret aritmatika. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu siswa SMA Negeri di Makassar kelas XI MIPA 4. Responden penelitian dipilih berdasarkan analisis data tes ditinjau dari letak kesalahan berdasarkan langkah polya sebanyak 3 orang siswa. Pedoman yang digunakan untuk melakukan analisis jenis kesalahan adalah langkah pemecahan masalah Polya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara kemudian melalui tiga tahapan analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada langkah pemahaman masalah siswa melakukan jenis kesalahan fakta, pada penyusunan rencana siswa melakukan jenis kesalahan konsep, pada pelaksanaan rencana siswa melakukan jenis kesalahan operasi dan prinsip, pada pengoreksian kembali siswa melakukan jenis kesalahan prinsip. Hasil menunjukkan bahwa kesalahan yang dominan dilakukan siswa yaitu pada langkah polya memahami masalah dengan jenis kesalahan fakta dan pada langkah polya mengoreksi kembali dengan jenis kesalahan prinsip. Hal ini disebabkan karena kemampuan siswa dalam memahami simbol-simbol pada materi barisan dan deret aritmatika masih sangat kurang, siswa tidak terbiasa mengoreksi kembali jawaban yang diperoleh, dan siswa tidak terbiasa menuliskan kesimpulan akhir

Item Type: Article
Subjects: FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Ansari Saleh Ahmar
Date Deposited: 20 Dec 2022 03:31
Last Modified: 30 Jun 2023 02:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26195

Actions (login required)

View Item View Item