PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUIPENGGUNAAN KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH CABANG PINRANG BARAT KABUPATEN PINDRANG

SITTI RAMLAH (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUIPENGGUNAAN KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH CABANG PINRANG BARAT KABUPATEN PINDRANG.

[img] Text
SKRIFSI RAMLAH.docx

Download (206kB)

Abstract

SITTI RAMLAH, 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Cabang Pinrang Kabupaten Pinrang ”Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said,M.Si dan Herman, S.Pd,M.Pd. Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Cabang Pinrang Barat Kabupaten Pinrang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Cabang Pinrang Barat Kabupaten Pinrang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui permainan kartu huruf di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Cabang Pinrang Barat Kabupaten Pinrang. Subjek penelitian adalah 10 anak pada kelompok B dan 1 orang guru. Teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan melalui dua siklus masing-masing siklus dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif. Hasil observasi yang dilakukan pada siklus I pertemuan I menunjukkan membaca permulaan masih dalam kategori rendah dari 10 anak yang diteliti cuma 2 anak yang masuk dalam kategori mampu, pada pertemuan II meningkat menjadi 4 anak yang masuk dalam kategori mampu. Kemudian pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 8 anak masuk kategori mampu, dan pertemuan ke II meningkat lagi menjadi 9 anak yang masuk dalam kategori mampu. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan kartu huruf dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Cabang Pinrang Barat Kabupaten Pinrang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Dec 2022 03:05
Last Modified: 20 Dec 2022 03:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26192

Actions (login required)

View Item View Item