PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN AUDIO VISUAL DITAMAN KANAK-KANAK NEGERI 5 PUSAT PAUD HARAPAN BANGSA KABUPATEN MAROS

SURIANI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN AUDIO VISUAL DITAMAN KANAK-KANAK NEGERI 5 PUSAT PAUD HARAPAN BANGSA KABUPATEN MAROS.

[img] Text
SKRIPSI SURIANI UNM.docx

Download (308kB)

Abstract

DARMI, 2014. Peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan kolase di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Skripsi dibimbing oleh Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing I dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II. Program studi pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan kolase di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 komponen dalam setiap siklus yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan kolase. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru serta anak kelompok B yang terdiri dari 12 anak didik. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyeledikan, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh pada siklus pertama menunjukkan pencapaian tujuan penelitian belum dapat dikatakan berhasil karena anak belum pandai memilih bahan dan masih banyak ruang yang kosong pada pola gambar sehingga hasil kolase kurang baik. Dan masih banyak anak yang berada pada kategori mulai berkembang. Hal ini disebabkan guru kurang memberi motivasi pada anak. Hasil penelitian siklus 2 menunjukkan pembelajaran terpenuhi dengan baik dimana guru memberi motivasi dan bimbingan sehingga pada umumnya anak dapat membuat gambar dengan lancar, dapat mengombinasikan warna bahan, dapat membuat gambar yang bervariasi dan dapat membuat gambar dengan pemikiran sendiri serta dengan tekun atau bersungguh-sungguh dalam membuat kolase. Dengan demikian kegiatan kolase dapat meningkatkan kreativitas anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Dec 2022 01:10
Last Modified: 20 Dec 2022 01:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26183

Actions (login required)

View Item View Item