MODEL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KETERAMPILAN MENYIMAK BERWAWASAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MEMANFAATKAN CERITA RAKYAT BUGIS

Anshari, Anshari and Saleh, Muhammad (2018) MODEL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KETERAMPILAN MENYIMAK BERWAWASAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MEMANFAATKAN CERITA RAKYAT BUGIS. In: Prosiding Kongres Internasional III Bahasa-Bahasa Daerah Sulawesi Selatan, 24-27 September 2018, Makassar.

[img] Text (artikel)
Kongres Internasional III Bahasa Bahasa Daerah SulSel.pdf

Download (7MB)
[img] Text (peer reviewer)
peer reviewer prosiding model pengembangan bahan ajar keterampilan menyimak berwawasan.pdf

Download (908kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian pada tahun pertama ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran menulis ekspositori berbasis media visual. Penelitian dirancang dengan menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan yang terdiri atas empat tahapan, yakni tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebarluasan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas tujuh SD 07 Salotungo Kabupaten Soppeng. Pengumpulan data dilakukan melalui: observasi, wawancara, dan kuesioner. Berdasarkan hasil validasi ahli dan praktisi, hasil penelitian pada tahun pertama menghasilkan bahan ajar yang memenuhi kriteria kevalidan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 16 Dec 2022 05:52
Last Modified: 16 Dec 2022 05:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26176

Actions (login required)

View Item View Item