GAMBARAN PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI TAMAN KANAK – KANAK PUSAT PAUD HARAPAN BANGSA PARANG BANOA KABUPATEN GOWA

FITRIAH (2022) GAMBARAN PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI TAMAN KANAK – KANAK PUSAT PAUD HARAPAN BANGSA PARANG BANOA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
janne.docx

Download (3MB)

Abstract

Fitriah, 2014. Gambaran Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak Di Taman Kanak-Kanak Pusat Paud Harapan Bangsa Parangbanoa Kabupaten gowa.Skripsi dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd., M.Pd Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan pokok yaitu rendahnya tingkat kecerdasan emosional anak dalam hal kemampuan mengenali emosi diri, kemampuan memusatkan perhatian pada tugas yang dikerjakan dan kemampuan mengendalikan emosi.Fokus masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah gambaran pengembangan kecerdasan emosional anak di Taman Kanak-Kanak Pusat Paud Harapan Bangsa Parangbanoa. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengembangan kecerdasan emosional anak di Taman Kanak-Kanak Pusat Paud Harapan Bangsa Parangbanoa. Jenis Penelitian ini adalah.penelitian dekriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian 1 orang guru dan 17 anak didik. Fokus penelitian adalah pengembangan kecerdasan emosional anak di Taman Kanak-Kanak Pusat Paud Harapan Bangsa Parangbanoa. Pengumpulan data dengan cara observasi (pengamatan) dan wawancara (interview), sedangkan teknik analisis dan validasi data yang digunakan adalah trianggulasi yakni mengamati guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak secara deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian bahwa dalam pengembangan kecerdasan emosional anak di Taman Kanak-Kanak Pusat Paud Harapan Bangsa Parangbanoa guru memberikan kegiatan menyanyi, pemberian perhatian, permainan gerak dan lagu dalam hal pengembangan kemampuan mengenali emosi diri, kemampuan memusatkan perhatian pada tugas yang dikerjakan dan kemampuan mengendalikan emosi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:30
Last Modified: 16 Dec 2022 03:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26171

Actions (login required)

View Item View Item