PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN MENGGUNAKAN MEDIA BAHAN ALAM DI TAMAN KANAK-KANAK PUSAT PAUD SERUNI KALASE’RENA KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA

KASMAWATI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN MENGGUNAKAN MEDIA BAHAN ALAM DI TAMAN KANAK-KANAK PUSAT PAUD SERUNI KALASE’RENA KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA.

[img] Text
sampul skripsi.docx

Download (34kB)
[img] Text
depan skripsi.docx

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI JADI.docx

Download (110kB)

Abstract

Kasmawati, 2014 Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Bermain Menggunakan Media Bahan Alam di Taman Kanak-Kanak Pusat Paud Seruni Kalalse’rena Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Skripsi dibimbing oleh Dr. Parwoto M. Pd. dan Herman, S. Pd. M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kegiatan bermain media bahan alam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-Kanak Pusat Paud Seruni Kalase’rena Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui melalui kegiatan bermain menggunakan media bahan alam di Taman Kanak-Kanak Pusat Paud Seruni Kalase’rena Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK), Fokus penelitian adalah kemampuan motorik halus dan bermain bahan alam. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 15 anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Pusat Paud Seruni Kalase’rena Kabupaten Gowa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi.Tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan motorik halus dalam kegiatan pembelajaran baik pada aktivitas mengajar guru maupun aktivitas belajar anak. Peningkatan ini dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran. Siklus 1 aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar anak berada dalam kategori cukup yaitu rata-rata 46 % dan pada siklus ke II kemampuan mengajar guru dan belajar anak berada dalam kategori baik yaitu rata-rata 86% . Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain media bahan alam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-Kanak Pusat Paud Seruni Kalase’rena Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:24
Last Modified: 16 Dec 2022 03:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26170

Actions (login required)

View Item View Item