PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK MELALUI KEGIATAN MENJIPLAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH PINRANG UTARA KECAMATAN PALETEANG KABUPATEN PINRANG

NADRA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK MELALUI KEGIATAN MENJIPLAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH PINRANG UTARA KECAMATAN PALETEANG KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
SKRIPSI NADRA.docx

Download (1MB)

Abstract

Nadra. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Melalui Kegiatan Menjiplak Di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Pinrang Utara Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si dan Azizah Amal, S.S., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Melalui Kegiatan Menjiplak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Pinrang Utara Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang ?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis pemulaan anak melalui kegiatan menjiplak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Pinrang Utara Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pendekatan Kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus dalam penelitian ini adalah peningkatan menulis permulaan anak melalui kegiatan menjiplak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Pinrang Utara Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang. Subjek penelitian adalah 10 anak dan 1 orang guru pada kelompok A. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh terjadi peningkatan kemampuan menulis permulaan anak dimana indikator sudah tercapai ditandai dengan anak sudah mampu menjiplak bentuk geometri (segiempat, segitiga, lingkaran) dan aktivitas guru terhadap pelaksanaan melalui kegiatan menjiplak juga optimal.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:13
Last Modified: 16 Dec 2022 03:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26169

Actions (login required)

View Item View Item