PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI BERMAIN KARTU ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK HJ ST NURBAYA PALLEKO KECAMATAN POLONGBANGKENG UTARA KABUPATEN TAKALAR

SYAHRUNI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI BERMAIN KARTU ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK HJ ST NURBAYA PALLEKO KECAMATAN POLONGBANGKENG UTARA KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
DAFTAR ISI.doc

Download (166kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (67kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (81kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (26kB)
[img] Text
LAMPIRAN.doc

Download (317kB)
[img] Text
SKENARIO PEMBELAJARAN.doc

Download (51kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.doc

Download (10MB)

Abstract

Syahruni, 2014. Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Bermain Kartu Angka Di Taman Kanak-Kanak Hj. St. Nurbaya Palleko Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd dan Dra. Sri Sofiani, M.Pd ). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kegiatan bermain kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak pada TK Hj. St. Nurbaya Palleko Kec. POLUT, Kab. Takalar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan bermain kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-Kanak Hj. St. Nurbaya Palleko Kecamatan Polongbangkeng Utara. Kabupaten Takalar. Tahun pelajaran 2014/2015. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis pnelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian adalah kemampuan berhitung anak melalui bermain kartu angka. Subjek penelitian adalah 15 anak didik pada kelompok A dan 1 orang guru di Taman Kanak-Kanak Hj. St. Nurbaya Palleko Kecamatan Polongbangkeng Utara. Kabupaten Takalar. Tekhnik pengumpulan datayang digunakan dalam penelitian ini adalah obsrvasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil kegiatan pembelajaran baik pada aktivitas mengajar guru maupun aktivitas belajar anak menunjukkan bahwa ada peningkatan kemmapuan berhitung anak baik aktivitas mengajar maupun belajar anak. Peningkatan ini dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran. Siklus I aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar anak berada dalam kategori cukup yaitu rata-rata 46% dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak berada dalam kategori baik yaitu rata-rata 86%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-Kanak Hj. St. Nurbaya Palleko Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Dec 2022 02:42
Last Modified: 16 Dec 2022 02:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26164

Actions (login required)

View Item View Item