PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK MELALUI PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA XX-12 KOTA PAREPARE

MULIANI AMIN (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK MELALUI PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA XX-12 KOTA PAREPARE.

[img] Text
SIAP DI KASETKAN.docx

Download (1MB)

Abstract

MULIANI AMIN 2014. “Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Melalui Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Pada Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Kartika XX-12 Kota Parepare”. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd selaku pembimbing pertama dan Hajerah, SPd.I, M.Pd sebagai pembimbing kedua. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan menyimak melalui metode bercerita dengan media boneka tangan di taman kanak-kanak Kartika XX-12 Kota Parepare. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan menyimak melalui metode bercerita dengan media boneka tangan di Taman Kanak-kanak Kartika XX-12 Kota Parepare. Berdasarkan hal itu maka penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan menyimak anak dalam penerapan metode bercerita dengan media boneka tangan bagi anak. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Teknik pengumpulan data dengan cara Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Subjek penelitian ini 1 orang guru dan 10 orang anak. Penelitian dilakukan melalui dua siklus masing-masing siklus dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Hasil observasi yang dilakukan pada siklus I pertemuan I menunjukkan kemampuan menyimak anak dalam kategori rendah dari 10 anak yang diteliti cuma 2 anak yang masuk kategori baik, pada pertemuan II meningkat diteliti cuma 4 anak yang masuk kategori baik. Kemudian pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 8 orang anak dan pertemuan ke II meningkat lagi menjadi 10 orang anak yang masuk dalam kategori baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui kemampuan menyimak anak melalui penerapan metode bercerita dengan media boneka tangan pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Kartika XX-12 Kota Parepare dapat meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Dec 2022 02:08
Last Modified: 16 Dec 2022 02:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26161

Actions (login required)

View Item View Item