PENERAPAN KEGIATANMERONCE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK- KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 1 ENREKANG

HERNA DAMAYANTI YUSUF (2022) PENERAPAN KEGIATANMERONCE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK- KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 1 ENREKANG.

[img] Text
PROPOSAL DAN PENELITIAN.docx

Download (17MB)

Abstract

HERNA DAMAYANTI YUSUF, 2014 Penerapan kegiatan Meronce Dalam Meningkatkatkan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Enrekang. Dibimbing oleh Dra.Istiyani Idrus,M.Si dan Herman,S.Pd.M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemempuan motorik halus anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Enrekang kabupaten Enrekang melalui kegiatan meronce? Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan meronce di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Enrekang kab. Enrekang.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan , pelaksanaan, observasi dan refleksi. Lokasi penelitian ini di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 1 Enrekang ,kab.Enrekang. Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok B dengan jumlah anak sebanyak 17 orang dan 1 orang guru. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Fokus utama dalam penelitian ini adalah kegitan meronce merupakan kegiatan membuat benda hias dari bahan manik-manik dengan meningkatkan kemampuan motorik halus anak yang melibatkan otot-otot kecil,jari-jari tangan dan koordinasi mata dan tangan . Teknik analisis data adalah pengumpulan data,reduksi data,penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan meronce di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 1 Enrekang, dalam hal melenturkan otot-otot pergelangan dan mengkoordinasikan mata dan tangan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Dec 2022 01:27
Last Modified: 16 Dec 2022 01:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26157

Actions (login required)

View Item View Item