Penelitian tentang Pendekatan, Metode, dan Teknik Pengajaran Guru Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas.

SAMAD, ITA SARMITA (2016) Penelitian tentang Pendekatan, Metode, dan Teknik Pengajaran Guru Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
ITA SARMITA SAMAD.doc

Download (35kB)

Abstract

ABSTRAK . (DibimbingolehBasoJabudan Maemuna Muhayyang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan, metode, dan teknik yang digunakan guru dalam mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing di sekolah menengah atas. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsistensi penggunaan pendekatan, metode, dan teknik yang digunakan guru tersebut. Penelitian ini menggunakan desain penelitiankualitatif exploratif. Subjek penelitian ini adalah semua guru bahasa Inggris di salah satu sekolah menengah atas pada wilayah Sulawesi Selatan. Subjek tersebut dipilih melalui teknik purpossive samplingyaitu peneliti memilih guru bahasa Inggris dari satu sekolah yang siswanya mempunyai kemampuan yang rendah dalam pelajaran bahasa Inggris. Terdapat dua guru bahasa Inggris yang menjadi subjek dari penelitian ini. Peneliti mewawancarai mereka mengenai pendekatan, metode, dan teknik yang mereka gunakan dalam pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Peneliti juga mengamati subjek tersebut pada saat mereka sedang dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Selain itu, peneliti menyalin lembar rencana pelaksanaan pembelajaran subjek untuk memperoleh data pendukung. Berdasarkan hasil dan pembahasan, kedua guru bahasa Inggris tersebut menggunakan pendekatan dan teknik pengajaran yang berbeda namun metode yang mereka gunakan cenderung sama. Guru 1 menggunakan pendekatan communicative ditinjau dari teori bahasa dan pendekatan behaviorismditinjau dari teori pengajaran bahasa. Guru 2 menggunakan pendekatan systemic functional linguistic ditinjau dari teori bahasa dan pendekatan constructivism/ cognitivism ditinjau dari teori pengajaran bahasa. Teknik yang digunakan guru 1 cenderung mengarah ke pendekatan behaviorism atau prinsip-prinsip grammar translation method sedangkan guru 2 cenderung mengarah ke pendekatan baik behaviorism maupun constructivism/ cognitivism. Akan tetapi, metode pengajaran yang mereka tuliskan dalam lembaran rencana pelaksanaan pembelajaran relatif sama. Ditinjau dari segi konsistensi, kedua guru tersebut menggunakan pendekatan, metode, dan teknik pengajaran yang masih kurang konsisten. Namun, dibanding dengan guru 1, guru 2 lebih konsisten. Akhirnya, dapat disimpulkan bahwa kedua guru bahasa Inggris tersebut masih perlu meningkatkan pemahaman mereka tentang pendekatan, metode, dan teknik dalam mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. ABSTRACT ITA SARMITA SAMAD.A Study on English Teachers’ Teaching Approaches, Methods and Techniques at SMA Muhammadiyah Enrekang. (Supervised by Baso Jabu and Maemuna Muhayyang). This research was aimed at identifying the approaches, methods and techniques used by the English teachers at SMA Muhammadiyah Enrekangin teaching English as a foreign language and also the consistency of the teachers’ approaches, methods, and techniques. This research applied explorative qualitative research design. The research subjectswere all of the English teachers inSMA Muhammadiyah Enrekang. The subjects were chosen by applying purppossive sampling technique in which the researcher chose the English teachers from one school whose students had low achievement in English. There were two English teachers as the subject of this research. They were interviewed by the researcher regarding their approach, method, and technique in teaching English as a foreign language. They were also observed in the classroom while teaching and learning process was running. The researcher also copied the teachers’ lesson plan to gain supporting data. Based on the findings and discussion, The approaches used by teacher 1 were communicative approach in terms of language theory and behaviorism approach in terms of language learning theory. The approaches used by teacher 2 were systemic functional linguistic approach in terms of language theory and constructivism/ cognitivism approach in terms of language learning theory. Most of the techniques used by teacher 1 reflected behaviorism approach or principles of grammar translation method while the techniques used by teacher 2 reflected both of behaviorism (grammar translation and audio lingual method) and constructivism/ cognitivism (cooperative learning and community language learning method). However, their methods stated in the lesson plan seemed similar. In the case of consistency of the teachers’ approaches, methods, and techniques, the English teachers still showed a considerable inconsistency. Yet, comparing with teacher 1, teacher 2 was more consistent. It is concluded that the two English teachers still need further upgrading regarding approaches, methods, and techniques of teaching English as a foreign language.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:01
Last Modified: 19 Jun 2017 04:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2615

Actions (login required)

View Item View Item