Aras, Latri and Raihan, Siti and Hidayah, Nurul (2022) Pengaruh Penerapan Model Blended Learning terhadap Self-Efficacy dan Hasil Belajar Matematika. Nubin Smart Journal, 2 (2). ISSN 2809-3801
Text
Artikel Jurnal Nubin Smart.pdf Download (322kB) |
|
Text
Peer Review Jurnal Nubin Smart.pdf Download (2MB) |
Abstract
Abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah hasil belajar siswa yang rendah serta self-efficacy siswa yang rendah selama masa pembatasan proses tatap muka di sekolah. Model pembelajaran blended learning salah satu model pembelajaran yang menggabungkan antara model pembelajaran konvensional yang dilaksanakan secara tatap muka dengan pembelajaran berbasis dalam jaringan yang menggunakan berbagai bantuan perangkat teknologi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pre-eksperimental design yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model blended learning dengan self-efficacy dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Inpres Belaka Kabupaten Gowa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres Belaka Kabupaten Gowa, sedangkan sampelnya dalah siswa kelas IVA dengan jumlah 22 orang yang terpilih melalui teknik pengambilan sampel simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan paired sample t-test. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu proses pembelajaran model blended learning berlangsung secara efektif. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil belajar dan self-efficacy yang meningkat dalam proses pembelajaran sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model blended learning terhadap self-efficacy dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Inpres Belaka Kabupaten Gowa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Muh. Restu Susanto |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 05:46 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 05:46 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26140 |
Actions (login required)
View Item |