Model Pelatihan Guru Sekolah Menengah Kejuruan berbasis Soft Skills

Wahyuni, Wahidah (2016) Model Pelatihan Guru Sekolah Menengah Kejuruan berbasis Soft Skills. S2 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
JURNAL MODEL PELATIHAN GURU SMK SOFTSKIILS.docx

Download (139kB)

ABSTRAK . 2016.. (Dibimbing oleh Husain Syam dan Hasanah Nur). Model Pelatihan Guru Sekolah Menengah Kejuruan berbasis Soft Skills ini bertujuan untuk : (1) mengetahui gambaran tentang pengembangan model pelatihan guru Sekolah Menengah Kejuruan berbasis soft skills, (2) mengetahui respon peserta pelatihan terhadap model pelatihan berbasis soft skills yang telah dikembangkan, (3) mengetahui apakah model pelatihan guru Sekolah Menengah Kejuruan berbasis soft skills yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D, Tahapan pengembangan merupakan kombinasi antara model ADDIE dan Dick and Carey yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Pada desain menggunakan 3 tahapan pada model Dick and Carey. Subjek uji coba adalah guru SMK Negeri di Kabupaten Bantaeng. Adapun hasil penelitiannya adalah: (1) pengembangan model pelatihan guru Sekolah Menengah Kejuruan berbasis soft skills menghasilkan produk berupa buku panduan, silabus, skenario kegiatan pembelajaran dan modul pelatihan, (2) hasil respon peserta pelatihan menunjukkan bahwa produk model pelatihan yang dihasilkan dapat di gunakan dengan baik, mudah dipahami dan dapat menambah pemahaman dalam mengintegrasikan atribut soft skills dalam pembelajaran, sedangkan dari hasil respon fasilitator yang menggunakan produk model pelatihan menunjukkan bahwa produk dihasilkan praktis dan mudah dalam penggunaannya, (3) model pelatihan guru Sekolah Menengah Kejuruan berbasis soft skills yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif, (4) hasil uji validitas menyatakan bahwa produk yang dihasilkan sangat valid/layak untuk digunakan, (5) hasil uji kepraktisan menyatakan bahwa produk model pelatihan yang dihasilkan sangat praktis/sangat baik, (6) hasil uji efektifitas menyatakan bahwa hasil belajar peserta pelatihan menjadi lebih meningkat setelah mengikuti pelatihan berbasis soft skills. Kata kunci: Model pelatihan, Guru, Soft skills

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Jun 2017 03:48
Last Modified: 19 Jun 2017 03:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2613

Actions (login required)

View Item View Item