PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI KEGIATAN MENDONGENG DENGAN MEDIA GAMBARPADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK HANDAYANI DATA KABUPATEN PINRANG

IRDAYANI NASDAL (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI KEGIATAN MENDONGENG DENGAN MEDIA GAMBARPADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK HANDAYANI DATA KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
SKRIPSI IRDAYANI NASDAL.docx

Download (1MB)

Abstract

Irdayani Nasdal. 2014. Peningkatan Kemampuan Menyimak melalui Kegiatan Mendongeng dengan Media Gambar pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Handayani Data Kabupaten Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Istiyani Idrus, M.Si dan Muhammad Akil Musi, S.Pd. M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan kemampuan menyimak anak melalui kegiatan mendongeng dengan media gambar pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Handayani Data Kabupaten Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakahpeningkatan kemampuan menyimak anak melalui kegiatan mendongeng dengan media gambar pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Handayani Data Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penenlitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu anak kelompok B yang berjumlah 10 orang anak didik yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan serta seorang guru. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Dimana setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan mendongeng masih kurang optimal, dimana pelaksanaan mendongeng yang meliputi; mengatur posisi duduk anak belum teratur, memotivasi agar mau mendengarkan dan memahami cerita belum optimal, serta melakukan evaluasi dengan cara bertanya kepada anak juga masih kurang optimal. Hasil penelitian pada siklus II, menunjukkan adanya peningkatan pelaksanaan yang dilakukan oleh guru sudah baik meliputi; guru mengatur posisi duduk anak dengan baik, memotivasi duduk anak agar mau mendengarkan dan memahami isi cerita sudah optimal, serta melakukan evaluasi dengan cara bertanya kepada anak juga sudah optimal. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan mendongeng dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada kelompok B di Taman kanak-kanak Handayani Data kabupaten pinrang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:08
Last Modified: 15 Dec 2022 03:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26129

Actions (login required)

View Item View Item