Meningkatan Hasil Belajar Menggiring Bola Dalam Permianan Sepakbola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achivement Divisions) Pada Siswa Kelas V SDS Terpadu Bani Rauf Kabupaten Gowa

KHAIRUDDIN, FARID (2016) Meningkatan Hasil Belajar Menggiring Bola Dalam Permianan Sepakbola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achivement Divisions) Pada Siswa Kelas V SDS Terpadu Bani Rauf Kabupaten Gowa. S2 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Jurnal BURNING Farid Khairuddi 2014.docx

Download (354kB)

PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 2016 ABSTRAK FARID KHAIRUDDIN.2016.(Dibimbing oleh Suwardi dan Anto Sukamto). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, tindakan observasi, refleksi dan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menggiring Bola Dalam Permainan Sepakbola Siswa Kelas V SDS Terpadu Bani Rauf Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 4 kali Pertemuan di Siklus I dan Siklus II dan di rancang melalui empat tahapan yaitu Perencanaan,Pelaksanaan,Observasi dan Refleksi. Data Penelitian ini Mencakup 3 Rana yaitu Psikomotor,Afektif, dan Kognitif. Data Penelitian ini adalah Hasil Belajar Menggiring Bola dalam Permainan Sepakbola. Sumber data Penelitian ini asalah Siswa Kelas V SDS Terpadu Bani Rauf Kabupaten Gowa yang berjumlah 26 orang. Pengumpulan data Hasil Belajar Menggiring Bola Pada Permainan Sepak Bola di analisis secara Analisis Kualitatif dan Kuantitatif. Hasil Penelitian Menunjukan bahwa pengunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achivement Divisions) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Menggiring Bola Siswa Kelas V SDS Terpadu Bani Rauf Kabupaten Gowa. Adanya peningkatan yang signifikan hasil belajar menggiring bola pada permainan sepakbola siswa kelas V SDS Terpadu Bani Rauf Kab Gowa, dimana pada siklus (I) presentase kelulusan siswa kelas V SDS Terpadu Bani Rauf Kab Gowa sebesar 57,70%, ( Tuntas ) dan meningkat pada siklus (II) dengan presesntase kelulusan sebesar 92,30% ( Tuntas ). Kesimpulan Penelitian ini adalah Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achivement Divisions) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Menggiring Bola Siswa Kelas V SDS Terpadu Bani Rauf Kabupaten Gowa. Kata Kunci : Menggiring Bola Menggunakan Model STAD (Student Teams Achivement Divisions)

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Jun 2017 03:06
Last Modified: 19 Jun 2017 03:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2612

Actions (login required)

View Item View Item