PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN KARTU BILANGAN BERGAMBAR PADA TAMAN KANAK KANAK SATU ATAP SDN 147 LEMBANG KABUPATEN PINRANG

MUSLIMATUN, S (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN KARTU BILANGAN BERGAMBAR PADA TAMAN KANAK KANAK SATU ATAP SDN 147 LEMBANG KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
smpul ku.docx

Download (75kB)
[img] Text
BAB I-III.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (77kB)
[img] Text
RKH I.docx

Download (29kB)
[img] Text
RKH II.docx

Download (29kB)
[img] Text
Siklus I.docx

Download (40kB)
[img] Text
Siklus 2.docx

Download (40kB)
[img] Text
DOKUMENTASI FOTO.docx

Download (486kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (44kB)

Abstract

Muslimatun, S. 2014. Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui permainan kartu bilangan bergambar pada Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 147 Lembang Kabupaten Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui permainan kartu bilangan bergambar pada Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 147 Lembang Kabupaten Pinrang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui permainan kartu bilangan bergambar pada Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 147 Lembang Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah kemampuan mengenal konsep bilangan dan permainan kartu bilangan bergambar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningaktan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui permainan kartu bilangan bergambar pada Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 147 Lembang Kabupaten Pinrang. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, siklus I aktivitas mengajar guru kategori cukup dan aktivitas belajar anak kategori cukup dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak meningkatkan menjadi kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui permainan kartu bilangan bergambar pada Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN 147 Lembang Kabupaten Pinrang meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Dec 2022 01:15
Last Modified: 15 Dec 2022 01:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26118

Actions (login required)

View Item View Item