PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN KONSTRUKTIF BALOK UNTU MENINGKATKAN KREATIVITAS DITAMAN KANAK - KANAK BAHARI KECAMATAN MANGARA BOMBA KABUPATEN TAKALAR

MARDIANA (2022) PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN KONSTRUKTIF BALOK UNTU MENINGKATKAN KREATIVITAS DITAMAN KANAK - KANAK BAHARI KECAMATAN MANGARA BOMBA KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
penting.docx

Download (229kB)

Abstract

MARDIANA, 2014. Peneapan Kegiatan Bermain Konstruktif Balok Di Taman Kanak- Kanak Bahari, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar. Skripsi. Di bimbing oleh ibu Dra Hj. Sumartini, M.Pd dengan ibu Hajerah, S.Pd.I, M.Pd. Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan kegiatan bermain konstruktif Balok untuk meningkatkan kreativitas anak di Taman Kanak- Kanak Bahari? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Kreativitas anak dalam bermain konstruktif balok di Taman Kanak- Kanak Bahari, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom action recearch), Pelaksanaan tindakan sebanyak dua siklus, dimana masing-masing siklus berlangsung selama dua pertemuan. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan mengamati dan menggunakan desain penelitian yang terdiri dari perencanaan, peleksanaan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan yang menjadi subyek penelitian adalah anak didk Tk Bahari Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar kelompok B yang berjumlah 15 orang anak dan 1 orang guru. Tehnik pengambilan data melalui observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari siklus I dalm bermain konstruktif balok belum berhasil. Dimana baru 4 anak yang mapu Menciptakan bentuk dari berbagai bentuk balok, 3 anak yang mampu mendesain bentuk bangunan dari balok, 3 anak yang mampu menciptakan bentuk dari hasil pemikirannya sendiri, dan 2 anak yang mapu mengembangkan ide dalam bermain konstruktif balok olehnya itu di adakan siklus II dmana kreativitas anak sudah meningkat hal ini terlihat bahwa sudah ada 11 anak yang mampu menciptakan berbagai bentuk dari balok, 12 anak yang mampu mendesain bentuk dari balok, 12 anak yang mampu menciptakan bentuk bangunan dari hasil pemikirannya sendiri, dan 11 anak yang mampu mengembangkan ide dalam bermain konstruktif balok tanpa bantuan ibu guru ini terlihat karena di antara 15 anak didik, baru 4 anak yang mampu di mana dari segi kelancaran, Keluwesan, keaslian, keterperincian dan kepekaan masih perlu bimbinganPenelitian ini menunjukkan bahwa dengan Penerapan kegiatan bermain konstruktif balok anak dapat menunjukkan kelancaran, kelenturan, keaslian, elaborasi dan keuletannya dalam mengembangkan kreativitasnya di Taman Kanak-Kanak Bahari Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Dec 2022 01:00
Last Modified: 15 Dec 2022 01:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26117

Actions (login required)

View Item View Item