PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PGRI TEMMABARANG KECAMATAN PENRANG KABUPATEN WAJO

LISA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PGRI TEMMABARANG KECAMATAN PENRANG KABUPATEN WAJO.

[img] Text
sampul lisa.docx

Download (56kB)
[img] Text
SKRIPSI2.docx

Download (935kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (50kB)

Abstract

LISA, 2014. Pengaruh penggunaan media CD interaktif berbasis game edukasi terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak di Taman Kanak-kanak Khalifah Makassar 3 Kota Makassar. Skripsi Dibimbing Dra. Sri Sofiani, M.Pd sebagai pembimbing I dan pembimbing II Azizah Amal, S.S, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ada dua yaitu 1) Anak merasa bosan dengan permainan membaca permulaan yang hanya menggunakan kartu kata sehingga anak hanya diam saja tanpa adanya respon yang positif 2) anak belum mampu mengenal bentuk huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan CD interaktif berbasis game edukasi terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak di Taman Kanak-kanak Khalifah Makassar 3 Kota Makassar. Pendekatan yang di gunakan adalah pendekatan kuantitatif, dalam bentuk Pre Eksperimental Design. Variabel dalam penelitian ini yaitu penggunaan media CD interaktif berbasis game edukasi sebagai variabel bebas dan kemampuan membaca permulaan anak sebagai variabel terikat. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest And Posttest One Group Design. Penelitian ini di lakukan pada Taman Kanak-kanak Khalifah Makassar 3 Kota Makassar yang, yang menjadi subjek analisis penelitian ini yaitu anak pada kelompok B yang berjumlah 10 orang anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan teknik dokumentasi. Data diperoleh melalui instrument observasi dengan alat checklist dan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistic nonparametrik uji beda Wilcoxon sebelum dan setelah penggunaan media CD interaktif berbasis game edukasi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa penggunaan media CD interaktif berbasis game edukasi berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-kanak Khalifah Makassar 3 Kota Makassar dengan melihat pada indikator memilih bentuk huruf dan membaca kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan membaca permulaan anak pada posttest lebih tinggi dari nilai pretest. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada semua Taman Kanak-kanak untuk menjadikan media CD interaktif berbasis game edukasi tersebut menjadi salah satu media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak didik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Dec 2022 06:46
Last Modified: 14 Dec 2022 06:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26107

Actions (login required)

View Item View Item