Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah dengan Menggunakan Metode Problem Solving pada Siswa Kelas VII. 1 SMP Negeri 33 Makassar

Amirullah, Amirullah and Ridha, M. Rasyid and Patahuddin, Patahuddin (2021) Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah dengan Menggunakan Metode Problem Solving pada Siswa Kelas VII. 1 SMP Negeri 33 Makassar. Jurnal Pattingalloang, 8 (2). pp. 100-114. ISSN 2686-6463

[img] Text (Jurnal Ilmiah)
Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah dengan Menggunakan Metode Problem Solving pada Siswa Kelas VII 1 SMP Negeri 33 Makassar.pdf

Download (423kB)
[img] Text (Peer Reviewer)
JURNAL ILMIAH MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VII, 1 SMP NEGERI 33 MAKASSAR.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/pattingalloang/article/view/...

Abstract

Metode yang konvensional seperti menjelaskan materi secara abstrak, hafalan materi dan ceramah dengan komunikasi satu arah, yang aktif masih didominasi oleh pengajar, sedangkan siswa biasanya hanya memfokuskan penglihatan dan pendengaran. Kondisi pembelajaran seperti inilah yang mengakibatkan siswa kurang aktif dan pembelajaran yang dilakukan kurang efektif. Disini guru dituntut untuk pandai menciptakan suasana pembelajaran berbasis masalah yang mampu menggali pola pikir siswa sehingga siswa dapat terlibat secara aktif dalam mengikuti kegiatan belajar. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar sejarah dengan menggunakan metode problem solving di SMP Negeri 33 Makassar? (b) Bagaimana peningkatan hasil belajar Sejarah yang terjadi pada siswa setelah pembelajaran dilaksanakan dengan metode problem solving?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan hasil belajar Sejarah setelah diterapkannya metode problem solving. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setian putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 SMP Negeri 33 Makassar. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (59,00), siklus II (81,42%), siklus III (85,40%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode Problem Solving dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar Sejarah Siswa SMP Negeri 33 Makassar, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Sejarah . Kata Kunci: Sejarah , Metode Problem Solving

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Nuhasni Muis
Date Deposited: 13 Dec 2022 08:51
Last Modified: 13 Dec 2022 08:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26071

Actions (login required)

View Item View Item