PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Studi Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers di Kelas XI Al Farisi SMA Negeri 2 Labakkang Boarding School) ; THE IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED LEARNING MODELS WITH PROBLEM SOLVING APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICS LEARNING QUALITY (Study of Composition and Inverse Function in Class XI Al Farisi

Abdullah, Irwan (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Studi Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers di Kelas XI Al Farisi SMA Negeri 2 Labakkang Boarding School) ; THE IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED LEARNING MODELS WITH PROBLEM SOLVING APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICS LEARNING QUALITY (Study of Composition and Inverse Function in Class XI Al Farisi. S2 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Jurnal Irwan Abadullah.docx

Download (110kB)

ABSTRAK Banyak siswa yang beranggapan bahwa pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sulit untuk dimengerti. Siswa terbiasa menghafal rumus-rumus matematika tanpa mengetahui konsepnya sehingga mengakibatkan siswa hanya mampu menyelesaikan soal yang sama dengan contoh soal yang telah diberikan. Siswa menyelesaikan permasalahan matematika secara individu, interaksi antar siswa, antar siswa dengan guru cenderung tidak dilakukan, sehingga hanya siswa yang tahu saja yang aktif dalam proses pembelajaran, hal ini mengakibatkan rendahnya kualitas belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana proses penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan problem solving dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa? (ii) Apakah melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan problem solving dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kualitas hasil belajar matematika siswa? Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan problem solving dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa; (ii) Untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan problem solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan angket respons siswa kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan problem solving dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran matematika siswa dengan indikator aktivitas siswa berjalan sesuai dengan design yang telah dibuat dan memenuhi kriteria penggunaan waktu ideal. (ii) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan problem solving dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dilihat dari peningkatan tes hasil belajar siswa dari sebelum pelaksanaan tindakan ke setelah pelaksanaan tindakan pada akhir siklus I dan siklus II. ABSTRACT Many students assume that mathematics lesson in difficult to understand. The students used to memorize mathematics patterns without knowing the concept so the students can only answer the same questions with the example given. The students solve mathematics problem individually, interaction among the students, between the students, and teacher tends to not happen; thus, only the students have knowledge on the concept are active in learning process. This is due to low learning qualities of the students. The problems of the research are (i) How is the process of the implementation of problem based learning model with problem solving approach in order to improve the students' mathematics learning qualities? (ii) Is the implementation of problem based learning model with problem solving approach in learning activity can improve the students' mathematics learning qualities? The objectives of the research are (i) to describe the process of the implementation of problem based learning model with problem solving approach in order to improve the students' mathematics learning qualities; (ii) to improve the students' mathematics learning qualities through the implementation of problem based learning model with problem solving approach. The research is classroom action research. Data Collection techniques used were observation sheet, learning result test, and students' responses questionnaire which then analyzed quantitatively and qualitatively. The results of the research reveal that (i) the implementation of problem based learning model with problem solving approach can improve the students' mathematics learning process qualities with the indicator that the students' activities run according to the design made and has met the ideal time usage criteria, (ii) the implementation of problem based learning qualities based on the improvement of the students' learning result test before the treatment and after the treatment at the end of cycle I and cycle II

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Jun 2017 02:10
Last Modified: 19 Jun 2017 02:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2607

Actions (login required)

View Item View Item