DARMAWATI. C (2022) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN KONSTRUKTIF BALOK DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI CABANG BANTAENG.
Text
SAMPUL.docx Download (34kB) |
|
Text
BAB. I - III.docx Download (75kB) |
|
Text
BAB. IV - V.docx Download (87kB) |
|
Spreadsheet
RKH_1.xlsx Download (16kB) |
|
Spreadsheet
RKH_2.xlsx Download (16kB) |
|
Spreadsheet
RKH_3.xlsx Download (16kB) |
|
Text
FORMAT OBSERVASI KREATIVITAS ANAK.docx Download (40kB) |
|
Text
LEMBAR OBSERVASI GURU KELAS.docx Download (19kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.docx Download (37kB) |
Abstract
Darmawati. C. 2014. Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Kegiatan Bermain Konstruktif Balok di Taman Kanak-kanak Pertiwi Cabang Bantaeng, dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Syamsuardi. S. Pd. M.Pd, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan kreatifitas anak melalui kegiatan bermain konstruktif balok di Taman Kanak-kanak Pertiwi cabang Bantaeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan kreatifitas anak melalui kegiatan bermain konstruktif balok di Taman Kanak-kanak Pertiwi Cabang Bantaeng. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Kualitatif dengan Jenis Penelitian Tindakan Kelas. Fokus Penelitian adalah Bermain Konstruktif Balok dan Kreatifitas Anak. Subyek penelitian adalah anak kelompok B2 Taman Kanak-kanak Pertiwi Cabang Bantaeng di Jl. Gagak No. 50 Kelurahan Pallantikang Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng, yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan Siklus II, dengan masing-masing tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan yang terjadi pada kondisi awal jumlah anak yang sudah berkembang sesuai harapan dan anak yang berkembang sangat baik / optimal berjumlah 3 anak meningkat pada siklus I menjadi 6 anak berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik /optimal. Dan pada siklus II meningkat lebih baik lagi menjadi 13 anak yang terdiri dari 3 anak berkembang sesuai harapan dan 10 anak berkembang sangat baik / optimal. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa bermain kostruktif balok dapat meningkatkan kreativitas pada anak Taman Kanak-kanak Pertiwi Cabang Bantaeng Jl. Gagak No. 50 Kelurahan Pallantikang Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng semester genap tahun pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 02:07 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 02:07 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26059 |
Actions (login required)
View Item |