MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN KONSTRUKTIF BALOK DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI CABANG BANTAENG

DARMAWATI. C (2022) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN KONSTRUKTIF BALOK DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI CABANG BANTAENG.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB. I - III.docx

Download (75kB)
[img] Text
BAB. IV - V.docx

Download (87kB)
[img] Spreadsheet
RKH_1.xlsx

Download (16kB)
[img] Spreadsheet
RKH_2.xlsx

Download (16kB)
[img] Spreadsheet
RKH_3.xlsx

Download (16kB)
[img] Text
FORMAT OBSERVASI KREATIVITAS ANAK.docx

Download (40kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI GURU KELAS.docx

Download (19kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (37kB)

Abstract

Darmawati. C. 2014. Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Kegiatan Bermain Konstruktif Balok di Taman Kanak-kanak Pertiwi Cabang Bantaeng, dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Syamsuardi. S. Pd. M.Pd, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan kreatifitas anak melalui kegiatan bermain konstruktif balok di Taman Kanak-kanak Pertiwi cabang Bantaeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan kreatifitas anak melalui kegiatan bermain konstruktif balok di Taman Kanak-kanak Pertiwi Cabang Bantaeng. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Kualitatif dengan Jenis Penelitian Tindakan Kelas. Fokus Penelitian adalah Bermain Konstruktif Balok dan Kreatifitas Anak. Subyek penelitian adalah anak kelompok B2 Taman Kanak-kanak Pertiwi Cabang Bantaeng di Jl. Gagak No. 50 Kelurahan Pallantikang Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng, yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan Siklus II, dengan masing-masing tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan yang terjadi pada kondisi awal jumlah anak yang sudah berkembang sesuai harapan dan anak yang berkembang sangat baik / optimal berjumlah 3 anak meningkat pada siklus I menjadi 6 anak berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik /optimal. Dan pada siklus II meningkat lebih baik lagi menjadi 13 anak yang terdiri dari 3 anak berkembang sesuai harapan dan 10 anak berkembang sangat baik / optimal. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa bermain kostruktif balok dapat meningkatkan kreativitas pada anak Taman Kanak-kanak Pertiwi Cabang Bantaeng Jl. Gagak No. 50 Kelurahan Pallantikang Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng semester genap tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Dec 2022 02:07
Last Modified: 13 Dec 2022 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26059

Actions (login required)

View Item View Item