PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING KERTAS DI TAMAN KANAK-KANAK KATOLIK KOTA PARE-PARE

HERFINA HENDRIK (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING KERTAS DI TAMAN KANAK-KANAK KATOLIK KOTA PARE-PARE.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (38kB)
[img] Text
ina.docx

Download (1MB)

Abstract

Herfina Hendrik. 2014. Peningkatan Kemampuam Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggunting Kertas di Taman Kanak-Kanak Katolik Kota Parepare. Skripsi.Dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd. dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan kegiatan menggunting kertas dalam peningkatan kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-Kanak Katolik Kota Parepare.Berdasarkan rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan menggunting kertas dalam peningkatan kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-Kanak Katolik Kota Parepare.Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK).Fokus penelitian ini adalah motorik halus dan kegiatan menggunting kertas.Subjek pada penelitian ini yaitu anak kelompok B1 yang berjumlah 10 orang anak didik.Prosedur penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dimana siklus I dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan 1 kali pertemuan.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi guna mengumpulkan data-data yang dibutuhkan untuk melihat peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting kertas pada setiap siklus dan dianalisis dengan mengidentifikasi indikator yang telah dicapai oleh masing-masing anak berdasarkan hasil observasi dari setiap pertemuan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kegiatan menggunting kertas yang dilakukan oleh guru dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak dalam hal anak mampu menggunting kertas mengikuti pola gambar yang disediakan oleh guru dengan benar dan rapi sesuai bentuknya dan menyelesaikan secara tepat tanpa bantuan, anak mampu memusatkan kekuatan menggerakkan gunting pada dua buah jarinya untuk menggunting pola gambar dengan benar dan rapi sesuai bentuknya dan menyelesaikan secara tepat tanpa bantuan, anak mampu mengkoordinasikan gerakan tangan kanan yang memegang gunting dan kiri memegang kertasnya, serta mata yang mengikuti gerakan gunting pada saat menggunting pola gambar dengan hasil guntingan anak bagus dan rapi sesuai bentuknya dan menyelesaikan secara tepat tanpa bantuan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terjadi peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting kertas di Taman Kanak-Kanak Katolik Kota Parepare.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Dec 2022 06:33
Last Modified: 12 Dec 2022 06:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26056

Actions (login required)

View Item View Item