PENERAPAN METODE BERMAIN JARI-JARI TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK SATU ATAP SDN 256 TIROANG KABUPATEN PINRANG

Rahmawati.R. (2022) PENERAPAN METODE BERMAIN JARI-JARI TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK SATU ATAP SDN 256 TIROANG KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
SAMPUL DAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (49kB)
[img] Text
ABSTRAK,PRAKATA DAN MOTTO.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN & PEMBAHASAN.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN & DP.docx

Download (19kB)
[img] Text
LAMP ANAK DAN REKAPITULASI.docx

Download (46kB)
[img] Text
LAMP GURU.docx

Download (28kB)
[img] Text
LAMP DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (13kB)

Abstract

Rahmawati.R. 2014. Penerapan Metode Bermain Jari-jari Tangan untuk Menigkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak di Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN 256 Tiroang Kabupaten Pinrang. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M. Si. dan Azizah Amal S. S. M. Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan universitas Negeri Makassar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah penerapan metode bermain jari-jari tangan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak, adapun rumusan masalah adalah “ bagaimana penerapan metode bermain jari-jari tangan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak di Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN 256 Tiroang Kabupaten Pinrang ?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak melalui penerapan metode bermain jari-jari tangan di Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN 256 Tiroang Kabupaten Pinrang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode bermain jari-jari tangan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak di Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN 256 Tiroang Kabupaten Pinrang. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, siklus I dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru kelompok A serta anak kelompok A yang terdiri atas 10 anak didik yaitu 7 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil dari siklus I dan siklus II penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak telah mampu menghitung bilangan 1-10 secara berurutan melalui penerapan metode bermain jari-jari tangan dalam proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN 256 Tiroang Kabupaten Pinrang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Dec 2022 05:43
Last Modified: 12 Dec 2022 05:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26051

Actions (login required)

View Item View Item