Rahmawati.R. (2022) PENERAPAN METODE BERMAIN JARI-JARI TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK SATU ATAP SDN 256 TIROANG KABUPATEN PINRANG.
Text
SAMPUL DAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (49kB) |
|
Text
ABSTRAK,PRAKATA DAN MOTTO.docx Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.docx Download (52kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.docx Download (45kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN & PEMBAHASAN.docx Download (59kB) |
|
Text
BAB V KESIMPULAN & DP.docx Download (19kB) |
|
Text
LAMP ANAK DAN REKAPITULASI.docx Download (46kB) |
|
Text
LAMP GURU.docx Download (28kB) |
|
Text
LAMP DOKUMENTASI.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (13kB) |
Abstract
Rahmawati.R. 2014. Penerapan Metode Bermain Jari-jari Tangan untuk Menigkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak di Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN 256 Tiroang Kabupaten Pinrang. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M. Si. dan Azizah Amal S. S. M. Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan universitas Negeri Makassar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah penerapan metode bermain jari-jari tangan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak, adapun rumusan masalah adalah “ bagaimana penerapan metode bermain jari-jari tangan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak di Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN 256 Tiroang Kabupaten Pinrang ?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak melalui penerapan metode bermain jari-jari tangan di Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN 256 Tiroang Kabupaten Pinrang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode bermain jari-jari tangan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak di Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN 256 Tiroang Kabupaten Pinrang. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, siklus I dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru kelompok A serta anak kelompok A yang terdiri atas 10 anak didik yaitu 7 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil dari siklus I dan siklus II penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak telah mampu menghitung bilangan 1-10 secara berurutan melalui penerapan metode bermain jari-jari tangan dalam proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN 256 Tiroang Kabupaten Pinrang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 05:43 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 05:43 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26051 |
Actions (login required)
View Item |