FITRIANI ZARY (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG AWAL PADA ANAK MELALUI MEDIA KARTU ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM H. M. ASYIK MAKASSAR.
Text
Sampul Lengkap.docx Download (42kB) |
|
Text
SKRIPSI.docx Download (93kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
|
Text
KISI-KISI.docx Download (44kB) |
|
Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx Download (33kB) |
|
Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx Download (746kB) |
Abstract
FITRIANI ZARY, 2014 Peningkatan Kemampuan Berhitung Awal Pada Anak Melalui Media Kartu Angka Di Taman Kanak-Kanak Islam H. M. Asyik Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Muh. Yusri Bachtiar, S.Pd, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-Kanak Islam H. M. Asyik Makassar?, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan media kartu angka dalam meningkatkan kemampuan Berhitung Awal Pada anak di Taman Kanak-Kanak Islam H. M. Asyik Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian ini di Taman Kanak-Kanak Islam H. M. Asyik Makassar. Subjek penelitian ini adalah kelompok A sebanyak 15 orang dan 1 orang guru. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I belum semua kegiatan pembelajaran terlaksana dengan baik. Hal ini disebabkan kurangnya kesempatan yang diberikan guru kepada anak didik pada saat kegiatan berlangsung sehingga anak merasa tidak diperhatikan dan lebih memilih bermain sendiri ketimbang bermain kartu angka. Pada siklus II peningkatan kemampuan kemampuan berhitung anak sudah mengalami perkembangan, dimana kekurangan-kekurangan yang terjadi pada siklus I sudah dapat diperbaiki, guru sudah memberi kesempatan kepada semua anak untuk mencoba bermain mencari kartu angka yang sesuai dengan jumlah gambar dan melanjutkan sampai semua anak mendapat kesempatan. Hal ini dapat dilihat pada saat penggunaan media kartu angkaanak sudah mampu membilang/menyebut urutan bilangan dari 1-10 dan membuat urutan bilangan 1-10 dengan benda-benda tanpa bantuan orang lain. Dengan demikian kemampuan kemampuan berhitung anak melalui penggunaan media kartu angka di Taman Kanak-Kanak Islam H. M. Asyik Makassar dapat meningkat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 01:39 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 01:39 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26038 |
Actions (login required)
View Item |