PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG AWAL PADA ANAK MELALUI MEDIA KARTU ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM H. M. ASYIK MAKASSAR

FITRIANI ZARY (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG AWAL PADA ANAK MELALUI MEDIA KARTU ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM H. M. ASYIK MAKASSAR.

[img] Text
Sampul Lengkap.docx

Download (42kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
KISI-KISI.docx

Download (44kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (33kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (746kB)

Abstract

FITRIANI ZARY, 2014 Peningkatan Kemampuan Berhitung Awal Pada Anak Melalui Media Kartu Angka Di Taman Kanak-Kanak Islam H. M. Asyik Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Muh. Yusri Bachtiar, S.Pd, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-Kanak Islam H. M. Asyik Makassar?, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan media kartu angka dalam meningkatkan kemampuan Berhitung Awal Pada anak di Taman Kanak-Kanak Islam H. M. Asyik Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian ini di Taman Kanak-Kanak Islam H. M. Asyik Makassar. Subjek penelitian ini adalah kelompok A sebanyak 15 orang dan 1 orang guru. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I belum semua kegiatan pembelajaran terlaksana dengan baik. Hal ini disebabkan kurangnya kesempatan yang diberikan guru kepada anak didik pada saat kegiatan berlangsung sehingga anak merasa tidak diperhatikan dan lebih memilih bermain sendiri ketimbang bermain kartu angka. Pada siklus II peningkatan kemampuan kemampuan berhitung anak sudah mengalami perkembangan, dimana kekurangan-kekurangan yang terjadi pada siklus I sudah dapat diperbaiki, guru sudah memberi kesempatan kepada semua anak untuk mencoba bermain mencari kartu angka yang sesuai dengan jumlah gambar dan melanjutkan sampai semua anak mendapat kesempatan. Hal ini dapat dilihat pada saat penggunaan media kartu angkaanak sudah mampu membilang/menyebut urutan bilangan dari 1-10 dan membuat urutan bilangan 1-10 dengan benda-benda tanpa bantuan orang lain. Dengan demikian kemampuan kemampuan berhitung anak melalui penggunaan media kartu angka di Taman Kanak-Kanak Islam H. M. Asyik Makassar dapat meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Dec 2022 01:39
Last Modified: 12 Dec 2022 01:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26038

Actions (login required)

View Item View Item