MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF DI TAMAN KANAK-KANAK ANDIYA MAKASSAR

SYAFRIANA (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF DI TAMAN KANAK-KANAK ANDIYA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL AYU.docx

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (26kB)
[img] Text
HASIL PENELITIAN AYU.docx

Download (109kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI SIKLUS 1.docx

Download (40kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI SIKLUS 2.docx

Download (36kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (28kB)
[img] Text
FOTO PENEITIAN.docx

Download (1MB)

Abstract

Syafriana. 2014. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Melalui Penggunakan Media Manipulatif Di Taman Kanak-Kanak Andiya Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Arifin Manggau., S.Pd.,M.Pd dan Suardi.,S.Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan media manipulatif dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak di taman kanak-kanak Andiya Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak melalui penggunaan media manipulative di taman kanak-kanak Andiya Makassar. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 11 orang anak didik pada kelas A. jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 (empat) yakni : Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan cara mereduksi data kemudian mendisplay data tersebut lalu melakukan verifikasi terhadap data yang ada dan akhirnya mengambil kesimpulan. Kemampuan konsep bilangan anak didik pada siklus I di taman kanak-kanak Andiya kelas A menggunakan media manipulative menunjukkan bahwa kemampuan konsep bilangan masih kurang terutama dalam hal kemampuan anak didik dalam Menyebutkan angka 1-10 secara urut, Menyebutkan angka 1-10 secara acak, Menunjukkan angka 1-10 secara urut, Menunjukkan angka 1-10 secara acak, Menunjukkan benda urut dan Mencari angka sesuai dengan jumlah benda. Kemudian pada siklus II menunjukkan bahwa kemampuan konsep bilangan anak didik di taman kanak-kanak Andiya kelas Adengan menggunakan media manipulative secara keseluruhan mengalami peningkatanyang sangat baik atau berhasil terutama dalam hal kemampuan anak didik dalam Menyebutkan angka 1-10 secara urut, Menyebutkan angka 1-10 secara acak, Menunjukkan angka 1-10 secara urut, Menunjukkan angka 1-10 secara acak, Menunjukkan jumlah benda urut, dan Mencari angka sesuai dengan jumlah benda.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Dec 2022 01:27
Last Modified: 12 Dec 2022 01:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26037

Actions (login required)

View Item View Item