IMPLEMENTASI KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH SMA NEGERI 4 KABUPATEN SINJAI

ELVIANA (2022) IMPLEMENTASI KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH SMA NEGERI 4 KABUPATEN SINJAI.

[img] Text
JURNAL ELVIANA_1843040009.doc

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kompetensi dan keterampilan manajerial kepala sekolah di SMA Negeri 4 Kabupaten Sinjai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kompetensi manajerial kepala sekolah, faktor pendukung dan penghambat implementasi kompetensi manajerial kepala sekolah SMA Negeri 4 Kabupaten Sinjai. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kabupaten Sinjai. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian kompetensi manajerial kepala sekolah SMA Negeri 4 Kabupaten Sinjai menunjukkan bahwa kompetensi manajerial sangat penting bagi kepala sekolah. Kepala sekolah adalah seorang guru yang mempunyai kemampuan untuk memimpin, mengelola dan mengatur segala sumber daya yang ada di sekolah sehingga dapat digunakan secara maksimal untuk mencapai suatu tujuan. program yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi manajerial antara lain, mengikuti pelatihan serta pembinaan dalam forum kelompok kerja kepala sekolah dan musyawarah kerja kepala sekolah, dalam wadah tersebut kepala sekolah diberikan kesempatan untuk mengembangkan potensi dirinya agar bisa berbagi pengalaman. Keterampilan manajerial kepala sekolah ini diperlukan untuk menajamkan visi, misi, tujuan, dan strategi bagi kepala sekolah, sehingga mudah memobilisasi potensi yang ada guna mencapai tujuan sekolah. Kepala sekolah berusaha melaksanakan perannya secara maksimal dan mampu memimpin sekolah dengan bijak dan terarah serta mengarah kepada pencapaian tujuan yang maksimal demi meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di sekolah yang tentu saja akan berimbas pada kualitas lulusan yang membanggakan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Dec 2022 01:23
Last Modified: 09 Dec 2022 01:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26030

Actions (login required)

View Item View Item